Rail Clinic, kereta dengan pelayanan kesehatan gratis ini begitu nyaman

user
Farah Fuadona 28 September 2017, 18:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Setelah diresmikan pertama kalinya, kereta dengan pelayanan kesehatan yakni Rail Clinic terus diperbaiki. Hingga kini diresmikan Rail Clinic generasi ke empat yang didekorasi dengan begitu nyaman.

Bertepatan dengan hari lahir PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Kamis (28/9), kereta kesehatan yang memebrlakukan pengobatan secara gratis itu diluncurkan di Stasiun Kiaracondong.

Rail Clinic adalah kereta dengan pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian. Rail Clinic pertama kali diresmikan pada 12 Desember 2015, dan sekaligus mendapatkan piagam rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia.

“Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro kepada Merdeka Bandung, Kamis (28/9).

Kehadiran kereta kesehatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi orang banyaj. Berada dijalur kereta api, sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Rail Clinic memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian KAI melalui program Corporate Social Responsibility, terutama masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api.

Namun begitu, kegunaan Rail Clinic tidak sebatas hanya untuk membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan gratis, tetapi juga bisa dilibatkan untuk pertolongan korban bencana alam termasuk dalam upaya melakukan evakuasi.

Rail Clinic generasi ke empat terdiri dari empat unit kereta atau gerbong. Dua kereta untuk kesehatan dan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library. Sedangkan pada Rail Clinic generasi-generasi sebelumnya hanya terdiri dari dua unit kereta kesehatan saja di tiap rangkaiannya.

"Selain fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah tersedia pada Rail Clinic generasi sebelumnya, versi generasi ke empat ini dilengkapi dengan fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit seperti kanker, diabetes, dan sebagainya," papar dia.

Sementara itu, kehadiran Rail Library menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca warga sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat. Di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk kalangan anak-anak sampai pengetahuan umum untuk dewasa.

Selain buku-buku manual, juga tersedia fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak.

Rail Clinic generasi ke empat tak lepas dari sinergi BUMN antara KAI dengan PT Jasa Raharja (Persero) dalam hal bantuan peningkatan kesehatan untuk pengadaan peralatan medis berupa alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik.

Kredit

Bagikan