Bila menemukan kecurangan Ujian Nasional, hubungi nomor ini..

user
Mohammad Taufik 26 Maret 2017, 12:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pelaksanan Ujian Nasioal (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan segera digelar dalam waktu dekat. Penyelenggaraan UN dijadwalkan berlangsung pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017.

Dalam upaya pengawasan, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat membuka Posko Pengaduan pelanggaran UN-USBN. Posko pengaduan berada di Kantor Ombudsman Jabar, Jalan Kebonwaru Utara.

Koordinator Pemantauan dan Pelaksanaan UN-USBN Ombudsman Jabar Noer Adhe Purnama mengatakan, melalui keberadaan posko ini dapat menampung seluruh aduan terkait pelaksanaan UN-USBN di Jabar. Dengan dibuka posko tersebut, Ombudsdman ingin memastikan bahwa penyelenggaraan UN USBN dilakukan secara akuntabel.

"Kita membuka posko pengaduan mendorong siswa untuk lebih aktif jika menemukan kecurangan saat pelaksanaan UN," ujar Noer kepasa wartawan beberapa waktu lalu.

Menurur Noer, berkaca dari pengalaman tahun lalu, pelaksanaan UN masih ditemukan adanya penyimpangan. Dia mencontohkan pelanggaran yang dilakukan seperti adanya alat komunikasi yang diperkenankan masuk ke ruangan ujian.

"Kami masih menemukan pelanggaran-pelanggaran tersebut di tiga kabupaten/kota seperti di Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, dan Kota Bandung. Tiga wilayah itu yang kami awasi ditemukan kecurangan. Belum lagi dengan wilayah lainnya yang tidak kami awasi, tapi trennya menurun," katanya.

Untuk itu, lanjut Noer, pihaknya berharap berbagai peyimpangan tersebut dapat terus ditekan. Terlebih lagi saat ini, Ombudsman Provinsi Jawa Barat telah bekerja sama dengan Tim Saber Pungli.

Noer pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif melaporkan setiap adanya kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan UN.

"Masyarakat dapat melaporkan dengan mengirimkan pesan melalui nomor 081237373737 dengan format Nama*No.KTP*Provinsi*Isi Aduan atau email pengaduan.ombudsmanjabar@gmail.com," ungkapnya.

Berdasarkan data Kemendikbud, pelaksanaan UN untuk SMK/MAK rencananya akan dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. Untuk SMA/MA, UN akan dilaksanakan pada 10 sampai dengan 13 April 2017. Kemudian untuk UN SMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer.

Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Kredit

Bagikan