Sebanyak 115 film diseleksi ketat untuk masuk ajang FFB 2016

user
Farah Fuadona 10 Agustus 2016, 17:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 115 judul film nasional tahun ini diseleksi dengan sangat ketat oleh pihak panitera. Nantinya film-film ini akan bersaing dalam hajatan bergengsi bertajuk Festival Film Bandung (FFB) 2016, yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir tahun ini.

FFB yang merupakan ajang penghargaan bagi sineas film Indonesia diselenggarakan oleh Forum Film Bandung. Sejak Agustus 2015 silam, selama tiga bulan sekali pihak Forum Film Bandung mengadakan diskusi baik langsung ataupun dalam grup BBM ataupun Whatsapp. Hal ini dalam rangka mengusulkan film-film yang akan diamati lebih lanjut.

Ketua umum FFB Eddy D. Iskandar menjelaskan, dalam tahun pengamatan 2015 hingga tahun 2016 pihaknya sudah mengamati 115 judul film nasional, 36 judul serial televisi, 384 judul FTV, dan 167 judul film impor.

"Sekarang film Indonesia lengkap. Berbagai genre ada mulai dari percintaan, action, hingga komedi. Menggembirakan juga karena saat lebaran kemarin filmnya bagus-bagus," ujar Eddy saat ditemui dalam acara pembacaan nominasi FFB 2016 di Museum Sribaduga, Rabu (9/8).

Ada yang menarik dari periode pengamatan tahun ini, yaitu munculnya tema politik yang terbilang cukup berani dikancah perfilman nasional. Serta tema film silat yang juga mewarnai jagad perfilman.

"Selain dua tema itu, rasanya tema yang paling menonjol adalah jalan-jalan keluar negeri. Masih meneruskan tren tahun lalu di mana syuting film di luar negeri menjadi magnet baru dalam perfilman nasional," jelasnya.

Sementara itu, Dewan Pembina FFB, Chand Parwez Servia menuturkan, film-film yang ada di tahun 2015 hingga 2016 ini begitu berkualitas. Bisa dirasakan betul peningkatan kinerja industri film yang semakin patut diacungi jempol.

"Bisa dirasakan film sekarang kualitasnya semakin jempolan. Itulah yang membuat persaingan ketat akan semakin terasa saat gelaran FFB 2016 nanti," kata Chand.

Kredit

Bagikan