Festival Film Bandung pertimbangkan tambah kategori

user
Farah Fuadona 29 Mei 2016, 11:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dalam hitungan bulan Festival Film Bandung (FFB) akan kembali digelar. Saat ini, festival film terbesar di Jawa Barat ini masih dalam proses penilaian sebelum pengumuman nominasi awal Agustus nanti.
 
Ketua FFB Eddy D Iskandar mengatakan, tidak menutup kemungkinan FFB 2016 akan menambah jumlah ketegori penghargaan. Keputusan penambahan kategori tersebut akan terlihat saat pengumuman nominasi. “Mudah-mudahan sekarang ada penambahan kategori, misalnya (yang sedang dikaji) kemungkinan perlu kategori ceritanya asli, pemeran anak itu bisa saja,” katanya.
 
Ada tidaknya kategori yang ditambakan pada FFB 2016 akan diputuskan oleh dewan juri. “Nanti pas ketahuan saat pembacaan pengumuman nominasi,” tambah Eddy.  
 
Penambahan kategori Pemeran Anak Terpuji atau Cerita Asli/Orisinal Terpuji dirasa perlu ditambahkan mengingat industri film Indonesia saat ini cukup pesat. Contohnya banyak film-film yang memainkan anak-anak sebagai pemeran utama, kemudian banyak pula film yang membahas lokalitas.
 
Menurut Eddy, hingga saat ini dewan juri masih terus melakukan penilaian hingga akhir Juli 2016. Film-film yang dinilai adalah film baru yang diputar di bioskop selama setahun ini.
 
“Setiap film baru kita tonton dan dinilai. Jumlahnya lebih dari 100-an film,” ujarnya.
 
Sedangkan puncak pemberian piala FFB akan digelar di Monumen Perjuangan 24 September mendatang. Tahun ini pun penganugerahan FFB akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta.
 
Dalam setiap pemberian penghargaannya, FFB memakai istilah terpuji bukan terbaik. Misalnya Film Terpuji, Aktis Terpuji, Aktor Terpuji dan seterusnya. Jadi siapakah aktris dan aktor terpuji pada FFB tahun ini?

Kredit

Bagikan