Jelang Festival Film Bandung 114 film diamati oleh tim juri

user
Farah Fuadona 16 Agustus 2017, 11:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 114 judul film nasional diamati oleh tim juri untuk masuk dalam nominasi gelaran Festival Film Bandung 2017 yang diselenggarakan oleh Forum Film Bandung (FFB). Hingga akhirnya terpilih lima nominasi film bioskop terpuji.

Lima film bioskop terpuji yang masuk dalam nominasi adalah Athirah, Cek Toko Sebelah, Filosofi Kopi 2: Ben & Jody, Istirahatkanlah Kata-Kata, dan Kartini.

Film yang masuk dalam masa pengamatan merupakan film-film yang tayang dibioskop sejak Agustus 2016 hingga Juli 2017. Tak hanya film, FFB juga mengamati 107 judul serial televisi, 204 judul FTV (sinetron lepas), dan 184 judul film impor.

Ketua Umum FFB, Eddy D. Iskandar mengatakan, bila dibandingkan dengan tahun lalu sebenarnya perfilman Indonesia tak ada perubahan. Ditilik dari tema cerita terbilang sama, namun penggarapan mungkin saat ini ada beberapa film alternatif.

"Seperti film Istirahatkanlah Kata-kata yang lebih lokal terasa ini menjadi film alternatif," ujar Eddy kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara pembacaan nominasi Festival Film Bandung 2017 di Museum Sribaduga, Selasa (15/8).

Dari catatan jumlah film yang tayang diseluruh bioskop di Bandung, kata dia, tema film masih dominasi oleh film bergenre horor. Namun, beragam tema lainnya mukai menggerus tema horor ini seperti drama religi, drama remaja, dan komedi.

Sementara itu, hal berbeda dinyatakan oleh Dewan Pembina FFB 2017, Chand Parwez Servia bahwa gelaran Festival Film Bandung tahun ini merupakan kompetisi yang begitu sengit. Dimana banyak film bagus yang bersaing di dalamnya.

"Film-film yang diamati relatif sangat banyak, variasinya juga bagus-bagus. Kualitasnya bagus. Ini membuktikan bahwa film Indonesia sedang bangkit karena menunjukkan perubahan yang begitu signifikan," papar Parwez.

Kredit

Bagikan