Korban jadi 3 orang, ini kronologis penyerangan PKL ke Pos Satpol PP

Oleh Mohammad Taufik pada 01 Juli 2016, 19:05 WIB

Bandung.merdeka.com - Markas Komando (Mako) Satpol PP Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum diserang oleh ratusan PKL yang biasa berjualan di kawasan Dalem Kaum. Akibat dari penyerangan ini sejumlah kaca kantor Satpol PP pecah akibat dilempari batu.

Koordinator Satlinmas Kota Bandung Wagiyo S, mengatakan penyerangan terjadi sekitar pukul 15.45 WIB. Massa PKL yang berjumlah 200 orang langsung menyerang markas Satpol PP yang lokasinya persisi di samping Masjid Raya Jawa Barat.

"Kurang lebih pukul 4 kurang 15 menit, massa dari Jalan Kepatihan dan Dewi Sartika langsung menyerbu posko dua," ujar Wagiyo kepada Merdeka Bandung saat ditemui di lokasi kejadian.

Wagiyo menyebutkan, massa penyerang merupakan PKL yang berjualan di Jalan Kepatihan dan Dalem Kaum. Dalam penyerangan ini mereka melempari markas Satpol PP dengan batu dan helm.

"Mereka datang membawa batu dan melempari markas Satpol PP. Mereka juga melempari anggota Satpol dan linmas," kata Wagiyo yang saat kejadian berada di lokasi.

Akibat dari penyerangan ini tiga orang anggota Satpol mengalami luka akibat lemparan batu.

"Untuk korban dari anggota Satpol ada tiga orang yakni Toni, Endang dan Ahmad. Mereka luka-luka karena terkena lemparan baru dan dikeroyok oleh massa. Sekarang sudah dibawa di RS Muhammadiyah," katanya.

Adapun terkait penyebab penyerangan ini, Wagiyo menduga disebabkan oleh razia yang dilakukan oleh anggota Satpol.

"Karena sudah rutinitas Satpol PP operasi penertiban di jalur merah. Ada barang yang diamankan oleh tugas. Mereka tidak suka," tuturnya.

Petugas kepolisian telah mengamankan tempat kejadian perkara. Tampak sejumlah kepolisian dan polisi militer berjaga di lokasi.

Tag Terkait