Jika Ingin Raih WTP, Ini Solusi Bagi Pemkot Bandung

Oleh Endang Saputra pada 11 November 2018, 16:06 WIB

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung hingga saat ini masih mengejar target untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI. Dalam beberapa tahun terakhir Kota Bandung hanya bisa meraih opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Salah satu yang masih mengganjal kota Bandung untuk meraih opini WTP yakni persoalan aset.

Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa memberikan pandangannya jika Kota Bandung ingin meraih WTP. Menurut Arman, agar mendapatkan WTP, Pemkot Bandung harus fokus menangani pengelolaan tanah dan bangunan milik Pemkot Bandung.

"Aset itu sifatnya kumulatif. Memang harus dilihat secara detail semua aspeknya. Mulai dari keberadaan, kepemilikan sampai pengelolaannya," ujar Arman kepada wartawan.

Menurut Arman, pihaknya pun mendorong Pemkot Bandung untuk melakukan percepatan. Sehingga persoalan yang mengganjal Kota Bandung meraih WTP dapat segera terselesaikan.

"Walaupun setelah kami evaluasi memang perlu percepatan lagi untuk bisa sampai menghilangkan adanya pengecualian tersebut. Terutama mengenai pengelolaan tanah kemudian pengelolaan bangunan milik dari Pemkot," kata dia.

Namun demikian, pihaknya tetap mengapresiasi kinerja Pemkot Bandung untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian. Oleh karenanya, BPK akan terus membantu Pemkot Bandung memperbaiki opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi WTP.

"Tetapi kami mengapresiasi hal yang dilakukan Pemkot Bandung. Saya mendapatkan laporan ada juga kerjasama asistensi dari pihak BPKP itu saya kira sebuah opsi tepat. Makanya kami tadi mengingatkan agar ini segera diambil langkah-langkah. Apalagi sekarang pemkot punya inspektur baru. Bukan hanya aset sebenarnya. Aspek lain juga kepatuhan pengelolaan keuangan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial optimistis Pemkot Bandung meraih penilaian WTP dari BPK di tahun 2019 mendatang.Oded mengatakan, sejauh ini Pemkot Bandung sudah melakukan banyak pembenahan, khususnya terkait inventarisasi aset.

"Insya Allah kita sama - sama lakukan untuk lebih baik," katanya.

Tag Terkait