Ruli mengaku terinspirasi dengan buyutnya HOS Tjokroaminoto terjun ke politik

Oleh Endang Saputra pada 20 Februari 2018, 10:00 WIB

Bandung.merdeka.com - Di hari keempat kampanye, Calon Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 1, Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) baru mulai melakukan kegiatan kampanye. Ruli mulai berkampanye dari wilayah tempat tinggalnya, di RW 02, Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Bertempat di Balai RW 02, berbagai elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, pemuda hingga ibu-ibu, pemuda, mereka berkumpul dan mendengarkan paparan calon wakil wali kota Bandung itu terkait sejumlah program baru yang akan dijalankan jika terpilih nanti.

Di awal paparannya, Ruli menceritakan sosok buyutnya yang merupakan seorang pahlawan nasional yakni Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Menurutnya, sosok buyutnya yang menginspirasi dirinya untuk membangun ekonomi sambil berpolitik. Untuk itu selain menjadi pengusaha, Ruli juga terjun ke politik dengan bergabung di Partai Demokrat.

"Itulah yang menginspirasi Saya. Buyut saya ini memiliki prinsip membangun ekonomi sambil berpolitik," ujar Ruli

Dalam kesempatan itu Ruli pun mengungkapkan, salah satu program prioritas yang akan dilakukan yakni penggunaan aplikasi untuk proses penentuan kebijakan. Sehingga warga Kota Bandung bisa terlibat dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kota Bandung.

"Prinsipnya keterbukaan harus dibarengi dengan kemudahan akses warga. Dengan begitu, warga bisa mengikuti setiap proses perencanaan pembangunan kota," kata dia.

Menurut Ruli, rapat dapat dilakukan memanfaatkan siaran dan interaksi langsung di aplikasi seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, atau aplikasi percakapan lainnya. Sehingga warga bisa menyaksikan secara langsung. Kalaupun terlewat, warga masih bisa mengomentari melalui hasil rekaman yang diunggah di kanal video semacam Youtube.

"Istilah kami interaktif, untuk mengawal pembangunan kota sejak proses perancangan," katanya.