Aher minta Pemkot Bandung segera perbaiki drainase dan buat BPBD

Oleh Mohammad Taufik pada 24 Oktober 2016, 20:56 WIB

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meminta Pemerintah Kota Bandung segera melakukan pembenahan drainase di kawasan masuk Kota Bandung. Tak hanya itu, pembenahan harus menyeluruh agar peristiwa besar tidak lagi terjadi.

"Berarti ke depan memang harus memperbaiki gorong-gorong. Memang khususnya di Kota Bandung sudah dilakukan itu (perbaikan gorong-gorong) berdampak ke depan," kata pria yang akrab disapa Aher ini di Bandung, Senin (24/10).

Selain itu, Aher juga meminta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sejauh ini Bandung memang belum memiliki BPBD, sehingga penanganan bencana alam dilakukan BPBD Provinsi Jawa Barat.

"Seharusnya ada BPBD, tentu kita meminta Pemkot Bandung untuk membentuk BPBD kalau belum ada," katanya.

Menurut dia, kehadiran BPBD disetiap kabupaten/kota adalah hal yang harus dilakukan. Sebab BPBD-lah yang menjalankan fungsi komando‎ dalam hal tanggap darurat bencana.

"Karena itu adalah penting. Undang-undang yang merumuskan pernyataan darurat bencana adalah BPBD, kemudian bantuan-bantuan pusat kalau tidak ada BPBD tidak turun," terangnya.

Â

Tag Terkait