Video musik jadi kategori baru Festival Film Jawa Barat 2016

user
Mohammad Taufik 01 Oktober 2016, 11:26 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Video Musik Terbaik menjadi kategori baru dalam Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016. Hadirnya kategori baru ini sebagai penyikapan terhadap perkembangan teknologi perfilman yang kian maju.

Penyelenggara FFJB 2016, Aria Kusumadewa, mengatakan Kategori Video Musik Terbaik sebagai langkah maju dalam mengembangkan teknologi film. Adanya teknologi ini membuat film bisa diproduksi secara rumahan.

"Teknologi film saat ini telah menjadi teknologi rumahan yang bisa dibuat oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Sehingga siapapun pada saat melihat kamera sudah bisa berimajinasi untuk membuat visual," kata Aria Kusumadewa yang juga sutradara film, melalui siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Sabtu (1/10).

"Tahun ini kita one step a head mencoba mengembangkan program-programnya di mana sekarang ada Kategori Video Musik," tambah dia.

Aria juga mengatakan kategori tersebut ada untuk merangsang para generasi muda pembuat film. Dengan begitu, mereka bisa lebih ekspresif dalam berimajinasi serta membuat visualisasi dari imajinasi yang ada dalam pikirannya.

FFJB pertama 2015 lalu cukup mendapat sambutan dari generasi muda Jawa Barat khususnya para pelaku film indie dan film pendek. Film yang masuk pada FFJB 2015 mencapai 251 film, namun film yang resmi diterima oleh pihak penyelenggaran ada 236 film.

Adanya kategori baru dalam FFJB 2016 membuat bertambahnya jumlah penghargaan pada ajang ini, yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Cerita Terbaik, Penata Kamera Terbaik, Poster Film Terbaik, dan Video Musik Terbaik.

FFJB sendiri difasilitasi Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat. Sasarannya adalah para pelaku film lokal (independen) berasal dari Jawa Barat.

FFJB diharapkan hadir sebagai peluang bagi para pelaku film pendek di Jawa Barat untuk menghasilkan sebuah karya, termasuk karya Video.

Syarat dan ketentuan festival ini di antaranya bebas tahun produksi, bebas/boleh mengirimkan sebanyak-banyaknya karya, boleh mengirimkan karya yang sudah pernah mengikuti festival lain, sehingga tema yang diangkat yaitu "Kebebasan Menembus Batas".

Film-film yang masuk dalam FFJB terlebih dahulu akan diseleksi di empat wilayah BKPP di Jawa Barat. Lalu film yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk mengikuti acara pemutaran film di masing-masing wilayah BKPP selama dua hari.

Tiga film nominasi dan satu video musik di tingkat BKPP akan memperoleh penghargaan sekaligus kompetisi kembali di tingkat provinsi.

Kredit

Bagikan