Para pecinta Star Wars kumpul di Bandung

user
Farah Fuadona 24 Juli 2016, 15:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) Bandung, Jalan Naripan, menjadi tempat berkumpulnya para pecinta film Star Wars. Berbagai karya atau benda terkait Star Wars hadir di sini.

Acara tersebut bertajuk SWDBDG yang merupakan kelanjutan dari Star Wars Day Bandung yang sukses digelar 2012 lalu. Waktu itu pengunjungnya mencapai 1.300 orang fanboy film Star Wars.

Kini dengan semangat yang sama, Star Wars Day Bandung kembali hadir dengan nama SWBDG. Nama ini dipilih untuk menghindari pelanggaran hak cipta terhadap film Star Wars.

Action figure Star Wars
© 2016 merdeka.com/Iman Herdiana

“SWBDG ini yang kedua. Event pertamanya 2012. Sekarang karena terkait hak cipta kita komunitas tak boleh menyebut Star Wars, makanya kita mengambil nama SWBDG meski konsepnya tentang Star Wars,” jelas penggagas acara, Aldo Khalid.

Aldo yang juga salah satu pendiri Komunitas Order 66 Indonesia menyebutkan, SWBDG berlangsung dua hari, yakni Sabtu (23/7) dan Minggu (24/7).

Selain menyajikan pameran karya terkait Star Wars, acara ini juga menggandeng sejumlah komunitas antara lain Urban Jedi, Jaksaber, Comicrewyuk, World’s End dan lainnya.

SWDBDG menampilkan lebih dari 30 karya dalam berbagai media, mulai dari mural atau grafity, art work, fotografi, poster, gambar, kolase, patung hingga mainan yang semuanya berhubungan tokoh-tokoh film Star Wars.

Menurut Aldo, tiap tahun fanboy maupun fangirl film Star Wars di Bandung terus tumbuh. Contohnya ketika pihaknya menggelar SWDBDG 2012 ternyata animo masyarakat sangat tinggi.

Pengunjung SWBDG mengamati poster Star Wars
© 2016 merdeka.com/Iman Herdiana

“Dulu sampai 1.300-an orang pengunjung,” katanya. Ia memprediksi SWDBDG kali ini juga akan dihadiri lebih dari 1.000 penggemar film Star Wars.

Menurutnya, dulu Star Wars hanya digemari kalangan tertentu saja. “Kini Star Wars makin mainstream, animonya makin gede sehingga jumlah penggemar maupun komunitas jauh lebih banyak,” katanya.

Selain pameran, SWDBDG juga menyajikan lapak penjual mainan. Barang yang dijual umumnya bertema Star Wars, tetapi ada juga yang menjual main dari film-film fiksi ilmiah lainnya.

Kredit

Bagikan