Estafet bendera merah putih dari KM 0 sampai puncak gunung ciremai

user
Farah Fuadona 26 April 2016, 10:41 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ada kegiatan menantang yang akan dilakukan oleh komunitas Pendaki Gunung Regional Bandung pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2016. Komunitas ini akan melakukan estafet bendera merah putih dari Kilometer 0 Bandung hingga puncak Gunung Ciremai.

Acara yang mengusung title "Saparakanca" berarti Semangat Pemuda Raih Kebangkitan Nasionalisme Cakrawala ini akan melibatkan 108 komunitas pecinta alam yang ada di Indonesia, juga 108 peserta untuk mengikuti kegiatan estafet.

"Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 108, makanya kami mengajak 108 komunitas dan 108 peserta yang merupakan para pemuda-pemudi akan terlibat dalam estafet nanti. Acaranya pas dihari Kebangkitan Nasional," ujar Yogi kepada Merdeka Bandung, Selasa (26/4).

Hingga saat ini, kata dia, sudah ada 20 komunitas yang terdaftar. Diharapkan hingga hari H penyelenggaraan bisa mencapai target 108 komunitas. Untuk calon peserta estafet, pendaftaran baru akan dibuka pada minggu depan.

"Mau perempuan atau laki-laki juga boleh dengan syarat mereka memiliki fisik yang kuat karena setiap peserta akan mendapat jarak estafet dua kilometer mulai dari KM 0 Bandung hingga Gunug Ciremai. Ditargetkan selesai dalam waktu 24 jam," jelasnya.  

Yogi menjelaskan, latar belakang penyelenggaraan ini bermula dari semangat merah putih yang dikirimkan dari tahun ke tahun dengan penyerahan bendera secara estafet dari setiap pesertanya. Ini menyiratkan rasa nasionalisme dari generasi ke generasi.

"Rasa nasionalismenya akan berada dipuncak setelah 108 peserta itu berhasil melakukan estafet bendera dalam kurun waktu sehari penuh. Harapannya semoga event ini sukses dan banyak dukungan yang kami terima baik moril maupun materil," tutupnya.

Kredit

Bagikan