Ruang Putih, wadah komunitas musik blues Bandung

user
Mohammad Taufik 11 Desember 2015, 17:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bandung banyak memiliki musisi dengan beragam genre, tidak terkecuali blues. Nah, salah satu tempat nongkrong para musisi dan pecinta musik blues di Bandung adalah Ruang Putih, sebuah ruang yang mewadahi para pecinta musik blues.

Ruang Putih berada di utara Kota Bandung, yakni di Jalan Bungur Nomor 37, masih satu blok dengan kolam renang Karang Setra Bandung. Komunitas ini berada di jalan yang sepi penuh dengan pepohonan rindang.

Ruang Putih menempati salah satu ruang Tikalika Gallery, sebuah galeri interior dan furnitur milik Macky Hikmatin yang juga penggagas salah satu program andalan Ruang Putih, yakni Monday Blues. Monday Blues digagas enam tahun lalu dengan tujuan untuk mewadahi pecinta musik blues Bandung.

Macky menuturkan, awalnya tidak mudah menggelar event rutin musik blues di Bandung. Pertama kali menggelar Monday Blues, responnya masih minim. Jumlah penonton kurang dari 10 orang. Mungkin karena musik blues tidak lebih familiar dari musik dengan genre lain, rock misalnya.

"Dua bulan pertama Monday Blues sepi, karena belum maraknya pecinta blues waktu itu," kenang Macky, saat berbincang dengan Merdeka Bandung.

Alumnus Universitas Parahyangan ini menambahkan, meski respon minim, event musik blues konsisten digelar dengan terus menampilkan musisi-musisi blues Bandung, Jakarta, hingga luar negeri. Baru memasuki tahun ketiga, Monday Blues mulai memiliki pengunjung tetap.

Konsistensi tersebut membuat Ruang Putih identik dengan komunitas musik blues. "Jumlah pengunjung pernah mencapai 150 orang. Sejak itu Ruang Putih identik dengan blues," katanya.

Waktu itu masih sedikit ruang di Bandung khusus menyuguhkan musik-musik blues. Untuk menambah semarak suasana, sajian musik blues diwarnai bazar berbagai produk khas anak muda Bandung. Produk ditampilkan meliputi kuliner, minuman, fesyen, lukisan, CD, alat-alat musik, aksesoris band lain.

Monday Blues terbuka untuk semua pecinta musik yang ingin mengisi awal pekan dengan blues. Siapa pun boleh hadir di acara ini tanpa dipungut biaya. Musisi dari luar Kota Bandung kadang main di Ruang Putih, di antaranya Adrian Adi Utiomo, Indro basis Krakatau, Imelda Rosalin dan lainnya.

Dalam fanpage www. facebook.com/ruangputih, Ruang Putih baru saja menggelar Sunday Blues special pekan lalu yang menghadirkan Nissan Fortz Project, Sukabumi Blues Band, dan Blues Libre, 25 Oktober lalu.

Event-event blues digelar di halaman galeri yang dipasangi bangku kayu dan batu plus sederet meja menghadap panggung mini. Pengunjung dapat duduk menikmati kopi dan kudapan spesial warung Ruang Putih ditemani musik blues.

Kredit

Bagikan