Anda penggemar musik The Beatles? Harus gabung komunitas ini

user
Mohammad Taufik 11 Desember 2015, 11:45 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Nama besar grup musik the Beatles memang tidak akan pernah hilang oleh perkembangan zaman. Buktinya lagu-lagu dari grup musik yang digawangi John Lennon (gitar ritem,vokal), Paul McCartney (bass,vokal), George Harrison (lead guitar, vokal), Ringo Starr (Drum,vokal) masih dinikmati oleh masyarakat hingga saat ini.

Band asal Liverpool yang dibentuk sekitar tahun 1960 ini memiliki jutaan penggemar yang tersebar di berbagai belahan negara, termasuk Indonesia. Di Bandung misalnya, ada sebuah komunitas isinya para penggemar grup musik The Beatles. Komunitas ini bernama Barudak Beatles Bandung yang berdiri pada 25 September 2013.

"Awalnya memang saya sering ngumpul dengan sesama penggemar musik The Beatles. Ternyata jumlahnya sangat banyak, di Facebook juga banyak sekali. Cikal bakalnya memang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Seiring berjalannya waktu hingga akhirnya terbentuk komunitas Barudak Beatles Bandung pada 25 September 2013," ujar Deddy Noer, pengurus komunitas Barudak Beattles Bandung kepada merdeka.com saat ditemui di salah satu studio musik di kawasan Buah Batu, Rabu (28/10).

Deddy menuturkan The Beatles adalah grup musik legendaris yang telah menginspirasi musisi-musisi di dunia. Musik-musik The Beatles sangat easy listening dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Sehingga tak salah jika The Beatles memiliki banyak penggemar dari berbagai penjuru dunia.

"Saya kenal lagu The Beatles itu dari orangtua juga sekitar tahun 1970an. Beatles ini grup musik yang menjadi inspirasi musik-musik dunia. Hal-hal yang pernah dilakukan musisi sekarang rujukannya dari The Beatles," kata Deddy.

Ada beragam kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini. Untuk kegiatan berkumpul rutin dilakukan setiap satu pekan sekali yakni setiap hari Jumat di TSM pukul 19.00 WIB. Kebetulan setiap Jumat malam di TSM tampil grup band yang membawakan lagu lagu the Beatles 'beatlast'.

Komunitas Barudak Beatles Bandung juga sering mengadakan beragam acara, baik yang sifatnya periodik maupun yang tidak rutin digelar. Setiap tahun komunitas ini rutin membuat acara pada tanggal 8 Desember yakni mengenang John Lennon meninggal dunia. "Event ini sudah beberapa tahun ke belakang rutin digelar. Setiap tanggal 8 Desember kami rutin bikin acara untuk mengenang John Lennon," ucap Deddy.

Rencananya komunitas Barudak Beatles Bandung juga akan membuat sebuah event besar namanya Bandung Beatles Day. "Jadi itu acara gathering Beatles mania dari seluruh Indonesia. Kami juga akan mengundang tamu dari luar negeri seperti Australia, Vietnam, Jepang," kata dia.

Komunitas ini juga sering diundang di pentas musik untuk tampil membawakan lagu-lagu the Beatles. Mereka juga sering diundang di radio-radio untuk membahas grup musik legendaris asal Inggris ini.

"Setiap acara diundang ke radio anggota komunitas juga pada datang. Bukan hanya dari Bandung saja, tetapi dari Jakarta, Depok, Tangerang Tasik datang kesini," ucap Deddy.

Tak hanya sekadar bermain musik, komunitas ini juga aktif berkegiatan sosial. Salah satu contohnya yakni saat Gunung Sinabung meletus beberapa tahun lalu, komunitas ini mengumpulkan donasi untuk kemudian disumbangkan kepada para korban di sana.

Jumlah anggota Barudak Beatles Bandung di facebook sudah mencapai 1.000 lebih. Untuk setiap kali berkumpul ada sekitar 60 anggota yang datang. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja swasta, dokter, mahasiswa, bahkan pelajar sekolah.

"Uniknya 60 persen anggota kita itu anak anak muda yakni pelajar dan mahasiswa. Selebihnya para orangtua yang menggemari musik the Beatles. Kalau yang suka main alat musik, ada yang membentuk, grup band. Saat ini ada 4 band yang diasuh oleh saya," katanya.

Jika Anda ingin bergabung dengan komunitas ini silakan datang langsung saja ke Atrium TSM, Jalam Gatot Subroto, Kota Bandung. Mereka biasa berkumpul setiap hari Jumat pukul 19.00 WIB-21.00 WIB.

Jika Anda masih penasaran dengan komunitas ini silakan pantau media sosial mereka. Untuk facebook : Bandung Beatles Bandung,twitter : @barudakbeatles.

"Untuk anda yang merasa Beattles mania apapun, silakan saja bergabung. Dengan datang langsung bergabung nanti bisa mengenal dengan anggota yang lain. Atau bisa join di grup facebook kita. no junior no senior, we're just beatlemania," ungkap Deddy.

Kredit

Bagikan