Ridwan Kamil ajak pemuda muslim untuk terus meningkatkan kapasitas diri

user
Farah Fuadona 07 Oktober 2017, 22:27 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendorong para pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk lebih sering mendialogkan persoalan-persoalan yang tengah menimpa umat muslim di dunia. Hal itu disampaikannya dalam International Conference on Islamic Youth Education di Ballroom Hotel Preanger, Jumat (6/10/2017) malam.

Menurutnya, semakin sering orang berdialog, maka pemikiran dan gagasan akan semakin terbuka. Dengan begitu, jalan menuju perdamaian akan semakin terbentang.

Dia juga mengajak agar pemuda muslim di dunia terus meningkatkan kapasitas diri di tengah dunia yang semakin kompetitif ini. Para pemuda ini harus bisa menunjukkan bahwa dunia Islam harus bangkit melalui sains dan teknologi.

"Pintar saja tidak cukup. Harus ada nilai tambah agar diri ini bisa bermanfaat untuk banyak orang," katanya.

Sebagai pemimpin, pria yang akrab disapa Emil ini ingin mengubah paradigma dunia tentang Islam. Selama ini, dunia barat selalu memandang Islam identik timur tengah.

"Padahal, jumlah muslim di Indonesia terbanyak di dunia. Tapi kita tidak selalu diajak dalam percaturan dialog tentang Islam," ucapnya.

Dirinya ingin menunjukkan Islam yang damai, yang bisa hidup harmonis mempersatukan manusia dalam satu Nusantara. Penduduk Indonesia mayoritas Muslim dan bisa hidup dengan penuh kedamaian.

"Maka saya punya program melatih para ulama berbahasa Inggris agar bisa menyuarakan nilai-nilai kedamaian Islam di tingkat dunia," katanya.

Emil juga mengucapkan terima kasih karena telah memilih Bandung sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini. Sebanyak 136 peserta dari 56 negara hadir pada konferensi tahunan itu.

"Saya senang mereka memilih Kota Bandung. Mudah-mudahan hasil rekomendasinya bisa menjadi cermin perubahan-perubahan yang harus diadaptasi, khususnya oleh universitas islam yang ada di Bandung," harapnya

Kredit

Bagikan