Universitas Sangga Buana terima 1300 mahasiswa baru

user
Mohammad Taufik 20 September 2016, 14:31 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Rektor Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung, Asep Effendi, mengatakan pada tahun pengajaran baru ini pihaknya menerima 1300 mahasiswa baru. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa tahun ini mengalami peningkatan.

"Ya, mengalami peningkatan lumayan. Tahun lalu kami menerima 1200 mahasiswa baru, jadi peningkatannya 100 mahasiswa baru," ujar Asep kepada Merdeka Bandung saat ditemui di kampus USB YPKP Bandung, belum lama ini.

Peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang tak terlalu signifikan ini diakui oleh Asep karena melihat kapasitas ruangan dan tenaga pengajar yang dimiliki. Pihaknya tak ingin memaksa menerima banyak mahasiswa tanpa kinerja optimal dari pihak kampus.

"Sudah ada regulasinya dari pemerintah yang membatasi jumlah mahasiswa sesuai dengan jumlah tenaga pengajar. Agar kualitas terus berjalan dengan baik, makanya kami sesuaikan dengan tenaga pengajar yang kami miliki," katanya.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini pun USB YPKP Bandung memberikan beasiswa sebanyak 10 persen dari jumlah mahasiswa baru yang diterima. Dengan begitu ada 130 mahasiswa baru masuk melalui jalur khusus, yakni beasiswa.

Untuk 130 mahasiswa baru ini, pihak kampus menggelontorkan dana sekitar Rp 6 miliar. Dana tersebut tentu digunakan untuk biaya pendidikan hingga para mahasiswa yang menerima beasiswa menyelesaikan studinya hingga akhir.

"Kalau setiap mahasiswa saja misalnya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 40 juta, dikali dengan jumlahnya mencapai 130 jadi mencapai Rp 6 miliar untuk total keseluruhan dana beasiswa yang digelontorkan," ujarnya.

Kredit

Bagikan