Begini tips memilih hewan kurban versi Distan KP Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 03 September 2016, 13:23 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tak kurang dari sembilan hari lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Para pedagang hewan kurban kini dengan mudah dijumpai untuk menjajakan dagangannya.

Bagi anda yang hendak melaksanakan ibadah kurban harus pintar-pintar memilih agar hewan kurban yang dibeli sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan dalam Islam.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung memberikan tips memilih hewan kurban. Setidaknya ada tiga kriteria yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang akan membeli hewan kurban, yakni sehat, tidak cacat dan cukup umur.

Kadistan KP Kota Bandung Elly Wasliah menuturkan, untuk kriteria sehat ini didasarkan pada pemeriksaan kesehatan hewan sebelum penyembelihan.

Adapun ciri hewan yang masuk kriteria sehat itu diantaranya lubang kumlah yang meliputi mulut mata hidung telinga dan anus bersih dan normal, matanya jernih, tidak ada luka atau borok dan bergerak aktif.

"Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan sebelum penyembelihan (antemortem) oleh Satgas Distan KP. Hewan kurban yang dinyatakan sehat akan dipasang kalung sehat," ujar Elly kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk kriteria tidak cacat dapat dilihat secara kasat mata. Hewan kurban seperti sapi atau domba tidak boleh cacat misalnya pincang, buta, mengalami kerusakan telinga.

"Hewan kurban juga harus jantan, tidak boleh kurus, tidak dikebiri, buah zakar masih lengkap, bentuk dan letaknya simetris ," ungkapnya.

Untuk kriteria terakhir yakni hewan kurban harus cukup umur. Untuk kambing atau domba harus berumur di atas 1 tahun. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sementara untuk sapi/kerbau harus berumur di atas 2 tahun yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Elly mengingatkan kepada masyarakat untuk memenuhi tiga kriteria tersebut saat membeli hewan kurban. Sebab berdasarkan pengalaman tahun lalu masih banyak hewan kurban yang dijual oleh pedagang belum memenuhi kriteria.

Dari sekitar 22.145 ekor domba yang diperiksa sebanyak 1.307 ekor domba dinyatakan tidak layak karena belum cukup umur, dan sisanya ada 98 ekor tidak sehat. Sementara untuk sapi dari jumlah 4.774 ekor yang diperiksa sebanyak 16 ekor sapi dinyatakan tidak layak karena belum cukup umur.

Kredit

Bagikan