Menpan RB akan jadikan ISCF sebagai agenda tahunan

user
Farah Fuadona 02 September 2016, 13:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyambut positif digelarnya kegiatan Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang digagas oleh Pemkot Bandung. Asman mengaku akan mengeluarkan SK menteri untuk mewajibkan seluruh kepala daerah di Indonesia mengikuti kegiatan ini.

"Event ini Saya anggap setiap tahun harus ada dan wajib diikuti oleh pemerintah daerah yang ada di seluruh di Indonesia. Kami sepakat akan menjadikan ini sebagai acara nasional dan segera mengeluarkan SK untuk mewajibkan seluruh kepala daerah mengikuti kegiatan ini," ujar Asman kepada wartawan di sela acara ISCF 2016 yang digelar di Trans Luxury Hotel, Jalan Gator Subroto, Jumat (2/9).

Asman mengatakan, kegiatan ISCF 2016 ini menjadi sebuah kesempatan untuk berbagi serta mengembangkan aplikasi bagi kota/kabupaten di Indonesia. Sehingga daerah-daerah di Indonesia dapat lebih maju, terutama untuk aspek pelayanan publik bagi masyarakat dengan menggunakan pendekatan teknologi.

Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016
© 2016 merdeka.com/Dian Rosadi

"Karena ini forum belajar yang paling praktis. Enggak perlu mikir, penelitian, studi banding. Bayangin kalau datang ke Jepang berapa ongkosnya, datang ke Singapura lumayan juga. Dengan adanya forum ini kan tinggal copy paste kita contoh," katanya.

Terlebih lagi kata Asman, penekanan dari Presiden Jokowi dalam penerapan Smart City yakni terkait e-Budgeting. Dengan adanya sistem ini dapat melakukan penghematan anggaran dengan nilai yang cukup besar.

"Kota Bandung yang sudah berhasil menerapkan e-Budgeting untuk menghemat anggaran hingga Rp 1 triliun. Bayangkan kalau diterapkan di seluruh kabupaten kota atau seluruh Indonesia. Sudah gak zaman lagi anggaran negara itu habis sia-sia, tidak terukur hasilnya," kata Asman.

"Tugas saya sekarang sudah ringan. Tinggal menularkan ke daerah lain yang belum menerapkan smart city karena ini luar biasa kontribusinya buat negara kita," ujar dia.

Kredit

Bagikan