Ridwan Kamil tandatangani nota kesepakatan dengan Rektor UI

user
Mohammad Taufik 31 Agustus 2016, 12:28 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menandatangani nota kesepakatan bersama dengan Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis, di Gedung Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Kampus Widjojo Nitisastro Jalan Prof.Dr.Sumitro Djojohadikusumo, Beji, Kota Depok, Selasa (30/8).

Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan Universitas Indonesia di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kesepakatan tersebut ditandatangani kedua belah pihak sebagai upaya mendukung percepatan peningkatan kualitas pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan lebih baik di Kota Bandung serta Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang berlaku selama tiga tahun sejak ditandatangani hingga 2019.

"Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini Kota Bandung terbantu dengan dijadikannya laboratorium eksperimen ekonomi yang jika berhasil perubahan bisa datang lebih cepat mengakselerasi Indonesia, kita menerapkan proaktif government dimana ada perubahan kita akan jemput," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam rilisnya kepada Merdeka Bandung, Rabu (31/8).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan meliputi pelaksanaan penelitian dan pengkajian dalam berbagai bidang sesuai rumpun keilmuan, peningkatan pengabdian UI sebagai lembaga pendidikan tinggi terhadap masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung.

Selain itu, kerja sama juga meliputi praktik kerja lapangan atau magang para peserta didik di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Bandung dan partisipasi dalam percepatan perbaikan iklim bisnis daerah dan daya saing mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bandung.

"Keberlangsungan menumbuhkan usaha-usaha kecil memerlukan bantuan terobosan dari pemerintah dan berbagai pihak apakah di bidang perizinan, permodalan atau pemasaran. Lain halnya dengan usaha besar yang kadang mereka sudah memiliki logika tersendiri tanpa hadir tidaknya pemerintah," katanya.

Di tempat sama, Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis, mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama ini sebagai salah satu usaha memajukan mikro ekonomi di Indonesia.

"UMKM ini merupakan suatu potensi besar untuk meningkatan perekonomian di negara kita. Kita yakini industri-industri kecil mempunyai lebih berkelanjutan dibanding usaha-usaha besar yang memerlukan modal dan ketergantungan dengan pihak-pihak luar," ungkapnya.

Usai penandatanganan MoU di tempat sama, Ridwan menjadi narasumber acara Seminar Research and Policy Insight (RPI) FEB UI dengan tema 'Generasi Kreatif, Generasi Pemimpin Masa Depan'.

Kredit

Bagikan