Indonesia Smart City Forum, kontribusi Bandung untuk Indonesia

user
Farah Fuadona 30 Agustus 2016, 16:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang akan dilaksanakan di Kota Bandung pada 2-3 September mendatang akan berfokus pada implementasi hasil forum terhadap perkembangan smart city di Indonesia. Ini merupakan bentuk kontribusi Kota Bandung agar negeri ini dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam hal smart city.

"Selama ini Indonesia tidak mempunyai platform yang jelas mengenai smart city ini. Sejauh ini, kota-kota seperti Bandung, Surabaya dan lain-lain masih berjalan sendiri-sendiri," ujar Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana dalam acara Bandung Menjawab di Ruang Media, Balai Kota Bandung, Selasa (30/8).

Untuk itu, Kota Bandung berinisiatif untuk mempertemukan antara regulator selaku pemegang kebijakan, para pimpinan daerah selaku eksekutor smart city di daerah dengan industri teknologi selaku penyedia jasa untuk bersama-sama membahas arah kebijakan smart city di Indonesia. "Perlu ada sinergi antara regulator, pemda dengan industri," kata Yayan.

Dia berharap melalui forum ini, pemerintah pusat akan memiliki satu rencana strategis guna memajukan Indonesia dengan konsep smart city.

Pada kegiatan ini, akan diundang sejumlah pembicara yang berasal dari berbagai elemen penentu kebijakan, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Dewan TIK Nasional (Wantiknas). Selain itu juga diundang pula para kepala daerah yang tertarik untuk mengusung smart city di daerahnya, serta para pelaku industri di bidang teknologi dan informasi.

"Smart city ini penting, salah satunya untuk mengimbangi kemajuan teknologi. Masa masyarakatnya sudah melek teknologi tapi negaranya masih melakukan sistem secara konvensional," ucapnya.

Ia menambahkan, akan ada tiga poin yang ingin dihasilkan dari ISCF At Bandung 2016. Pertama, adanya platform yang jelas dari para penentu kebijakan di tingkat pusat. Kedua, adanya kolaborasi antar pimpinan daerah untuk saling melengkapi sistem smart city di wilayah masing-masing. Ketiga, adanya repositori aplikasi digital untuk membangun sistem tata kelola pemerintahan untuk mengefisiensikan pembangunan smart city.

"Hasilnya bisa saja nanti ada laboratorium smart city di Indonesia. Tempatnya bisa di Bandung atau di mana saja," ujar Yayan.

Yayan menyebut Kota Bandung bisa menjadi pilihan karena kota ini memiliki banyak institusi pendidikan tinggi berbasis teknologi. Selain itu, Kota Bandung telah membentuk tim kajian smart city bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). "Bahkan sebagian menganggap Bandung sebagai kiblat smart city di Indonesia," katanya.

Acara ISCF yang akan berlangsung di Ballroom Trans Luxury Hotel rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan ditutup oleh Menteri Dalam Negeri. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh penyanyi asal Bandung, Ariel dan berbagai kesenian khas Jawa Barat.

Kredit

Bagikan