Unpad gelar program kesehatan gratis di Pangandaran

user
Mohammad Taufik 12 Agustus 2016, 10:42 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan program kesehatan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Program kesehatan ini bagian dari acara tahunan tiap Agustus bernama Supercamp.

Kali ini Supercamp 2016 mengusung tema 'Cimerak in HEALTH: Harmony Elaboration for Life and Humanity'. Event ini akan dilaksanakan di Kecamatan Cimerak, Pangandaran, 12-14 Agustus 2016.

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad Soni Akhmad Nulhaqim, mengatakan Supercamp mengemban misi sosial Unpad. "Juga sebagai pilar terwujudnya Tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Soni, Kamis (11/8).

Acara ini berisi rangkaian pemeriksaan kesehatan terdiri dari sunatan massal, operasi katarak dan pelayanan kesehatan lainnya. Dalam kesempatan ini juga akan diresmikan 'Bumi Walagri Padjadjaran' serta acara inspiring moment.

"Sasaran peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa Unpad serta masyarakat di Kecamatan Cimerak, Pangandaran," katanya.

Kegiatan ini melibatkan para tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran, Diploma Kebidanan, Profesi Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis.

Mereka akan ditempatkan di 11 Desa di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Selain dari FK Unpad, Supercamp juga diramaikan berbagai fakultas yang ada di Unpad serta perusahaan mitra.

Acara ini ditargetkan melibatkan ribuan peserta. Untuk Pelayanan Kesehatan, Fakultas Kedokteran berencana melayani 4.000 orang untuk balai pengobatan, 100 orang khitanan massal.

Program kesehatan lainnya adalah operasi bibir sumbing, operasi hernia, bedah minor, operasi katarak, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan kehamilan termasuk implant, IUD dan USG, skrining dan penyuluhan kulit, pemeriksaan kepadatan tulang dan lainnya.

Diharapkan, program ini bisa membantu Kabupaten Pangandaran mengelola sistem kesehatan secara mandiri, efektif dan prima.

"Selain itu juga bisa membangun kedekatan antara pemerintah Kabupaten Pangandaran dan FK Unpad ," paparnya.

Kredit

Bagikan