Ridwan Kamil siap mensosialisasikan amnesti pajak

user
Mohammad Taufik 10 Agustus 2016, 13:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima kunjungan dari Tim KPP Wilayah Cibeunying beberapa hari lalu. Kunjungan ini dalam rangka mensosialisasikan Amnesti Pajak/Tax Amnesty pada warga Kota Bandung.

Ridwan menyatakan dukungannya terhadap program Amnesti Pajak. "Ini merupakan program pemerintah pusat yang harus kita dukung dan Kota Bandung berkomitmen menyukseskan program ini," ujar Ridwan.

Pria yang akrab disapa Emil ini berharap, sosialisasi Amnesti Pajak ini berhasil demi perekonomian yang lebih baik. "Agar dapat tercipta lebih banyak lagi lapangan kerja serta menurunkan angka pengangguran dan kesenjangan sosial," ungkap Emil.

Kepala KPP Wilayah Cibeunying Andi Setiawan, mengatakan Amnesti Pajak sendiri adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan.

"Prinsip amnesti pajak adalah menerima semua laporan harta peserta, sekalipun yang terkait dengan narkoba, terorisme, ataupun korupsi," ujarnya.

Ditambahkan Andi, pelaku wajib pajak yang mengikuti program Amnesti Pajak akan memperoleh beberapa manfaat diantaranya penghapusan pajak yang seharusnya terutang dan pembebasan PPh terkait proses balik nama harta.

"Permohonan Amnesti Pajak ini disampaikan ke KPP tempat wajib pajak terdaftar atau Kedutaan Besar tertentu," kata Andi.

Andi berharap Wali Kota Bandung dapat mensosialisasikan terobosan pemerintah ini kepada warga Bandung. Alur permohonan Amnesti Pajak ini sendiri dapat dibilang cukup mudah

"Pertama, wajib pajak menghubungi helpdesk untuk mendapatkan informasi terkait Amnesti Pajak. Lalu, mengungkap dan membayar tebusan melalui e-billing," kata Andi.

Selanjutnya Andi menjelaskan, Surat Pernyataan Harta beserta lampirannya ke KPP Terdaftar/Duta Besar tertentu. "Surat Keterangan Amnesti Pajak akan diterbitkan dalam jangka waktu 10 hari kerja sejak tanggal diterimanya surat," kata Andi.

Menurut dia, antusiasme masyarakat Bandung sendiri terhadap Amnesti Pajak terbilang tinggi. Mengingat di Kota Bandung terdapat banyak individu dengan tingkat kesejahteraan tinggi

"Hampir semua KPP Wilayah Bandung melakukan sosialisasi setiap harinya, mudah-mudahan masyarakat bisa bekerja sama," ujar Andi.

Kredit

Bagikan