Ini 6 kelurahan terbaik di Kota Bandung pemenang Piala Aditantra

user
Mohammad Taufik 06 Agustus 2016, 15:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung mengumumkan enam kelurahan terbaik yang berhasil meraih Piala Aditantra. Pengumuman para pemenang disampaikan dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Kota Bandung yang digelar di Jalan Sukarno, Sabtu (6/8).

Kepala BPLH Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyebut keenam kelurahan yang meraih Piala Aditantra yakni Kelurahan Cibuntu, Cipadung Kidul, Derwati, Palasari, Mekarjaya dan Sekejati. Enam kelurahan ini mendapat poin tertinggi dari seluruh kelurahan di Kota Bandung yang berjumlah 151 kelurahan.

"Setelah kita nilai dari 151 kelurahan, akhirnya keluar enam pemenang Piala Aditantra ini. Inilah enam kelurahan terbaik dalam menjaga lingkungan wilayah," ujar Hikmat kepada wartawan di sela acara.

Hikmat menuturkan 151 kelurahan ini dipantau sejak bulan April lalu. Adapun kriteria penilainnya diantaranya aspek kebersihan wilayah, pengelolaan sampah hingga partisipasi masyarakat dalam kegiatan lingkungan.

Dia berharap dengan penghargaan Aditantra ini dapat membuat kewilayahan di Kota Bandung dapat konsisten menjaga lingkungan.

"Kita berharap kewilayahan dapat konsisten dalam menjaga lingkungannya. Sehingga kita dapat terus mempertahankan Piala Adipura," katanya.

Di tempat sama, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta agar kompetisi kebersihan tingkat kelurahan Piala Aditantra digelar setiap tahun. Tujuannya agar semua Kota Bandung diingatkan terus pentingnya cinta lingkungan.

"Saya berharap tiap tahun harus ada. Yang jelas 1 atau 2 tahun sekali harus digelar," tuturnya.

Perlombaan Piala Aditantra antar kelurahan ini merupakan gagasan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk mempertahankan Piala Adipura yang berhasil diraih pada 2015 lalu. Dengan adanya perlombaan ini kelurahan-kelurahan di Bandung dinilai dari aspek kebersihan dan manajemen lingkungannya.

Alhasil, Kota Bandung kembali berhasil mempertahankan Piala Adipura pada tahun ini.

Kredit

Bagikan