Hari Lingkungan Hidup, Oded berharap warganya kian cintai lingkungan

user
Mohammad Taufik 06 Agustus 2016, 15:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Kota Bandung digelar di Jalan Sukarno, Sabtu (6/8) ini. Acara yang digagas oleh BPLH Kota Bandung ini untuk memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang telah jatuh pada tanggal 5 Juni lalu.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup menjadi momen untuk meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan. Untuk itu dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat lebih memotivasi warga Bandung untuk mencintai lingkungan.

"Alhamdulillah kita hari ini memperingati hari lingkungan hidup sedunia 2016 tingkat Kota Bandung. Harapan saya dengan peringatan hari ini, bisa atau dapat memotivasi lebih kepada seluruh warga kota bandung, mencintai lingkungan," ujar Oded kepada wartawan yang ditemui seusai acara.

Oded menilai peran masyarakat dalam menjaga lingkungan memiliki peran strategis dalam kebersihan sebuah kota. Menurutnya pola perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan menjadi tolok ukur kondisi lingkungan di Kota Bandung.

Untuk itu kata Oded, pihaknya meminta masyarakat untuk aktif menjaga lingkungan di Kota Bandung. Oded yakin dengan kolaborasi dari semua pihak, kondisi lingkungan di Kota Bandung akan tetap terjaga kebersihannya.

"Saya sangat mengharapkan warga bandung bersama sama berkolaborasi. Yang selama ini kita memang sudah memiliki beberapa peraturan daerah. Oleh karena itu dengan perda yang sudah ada kemudian anggaran yang sudah disiapkan saya harapkan kita bisa bersama sama berkolaborasi untuk menghadirkan bandung yang lebib baik, bersih lingkungannya," ungkap Oded.

Oded mengungkapkan, tingkat kesadaran warga Bandung untuk menjaga lingkungan mulai meningkat. Hal ini dapat dilihat dari mulai berubahnya pola perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Dengan mereka banyak turun ke sungai-sungai membenahi sungai yang mengalami sedimentasi. Sekarang coba lihat (sedimentasi) sudah turun yang membuat aliran sungai menjadi lancar. Ditambah lagi mereka sudah sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai, kan luar biasa menurut saya. Kalo itu terus dilakukan saya yakin suatu saat kita akan kembali melihat bandung sebagai kota parisj van java," paparnya.

Oded menyebut salah satu bukti keberhasilan kolaborasi dalam menjaga lingkungan yakni dengan kembali diraihnya Piala Adipura oleh Kota Bandung pada tahun ini. Oded berharap Kota Bandung dapat terus mempertahankan piala Adipura melalui kolaborasi semua pihak.

Kredit

Bagikan