Kota Bandung jadi tuan rumah penyelenggaraan smart city forum 2016

user
Farah Fuadona 26 Juli 2016, 17:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung mengundang wali kota dan bupati seluruh Indonesia dalam  acara Smart City Forum 2016. Acara ini digelar sebagai salah satu upaya untuk membahas permasalahan yang ada di tiap wilayah dengan pendekatan teknologi Smart City.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, gelaran Bandung Smart City Forum 2016 ini akan menjadi tempatnya berbagi serta berkolaborasi dengan kota dan kabupaten di Indonesia. Untuk memajukan kesejahteraan masyarakatnya melalui pendekatan  teknologi.

“Di acara Smart City Forum ini, bukan keren-kerenan software masing-masing daerah. Melainkan bekerja sama untuk memecahkan permaslahan yang sulit diatasi,” ujar Ridwan kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Selasa (26/7).

Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi dalam Smart City ini. Salah satunya membuat pelayanan publik menjadi lebih mudah.

“Hasilnya apa yang kita inginkan dan syarat yang ditentukan cukup mudah dengan tidak perlu mendatangi kantor dinas yang dituju. Jadi cukup menggunakan gadet dan ikuti aturan yang tertera,” ungkapnya.

Ridwan berharap dengan digelarnya acara Smart City Forum 2016 ini. Dapat menjadi salah satu cara untuk menggaungkan penerapan teknologi smart city di seluruh daerah di Indonesia.  

“Karena jika forum ini sukses, hasilnya akan berkepanjangan kepada daerah yang lain yang pasti mengikutinya. Sehingga yang kita rasakan negara Indonesia bisa maju dengan pesat berkat perkembangan teknologi. Sehingga slogan untuk Smart City Forum 2016 ini, perbanyak kolaborasi kurangi kompetisi karena NKRI harga mati,” kata Emil.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brillyana mengatakan acara Smart City Forum 2016 rencananya akan digelar di Trans Luxury Hotel pada tanggal 2-3 September. Pelaksanaanya sekaligus menjadi bagian dari rangkaian acara hari jadi Kota Bandung,

“Nah sekarang ini kesempatan yang baik sekali mengenai Bandung Smart City Forum 2016. Saya bersama rekan-rekan, mempunyai gagasan mengenai pemecahan masalah yang diselesaikan bersama khusunya dalam hal pelayanan publik” katanya.

Yayan menyebutkan, berangkat dari semangat itu, di tahun ini Smart City Forum dihadiri oleh Wali Kota seluruh Indonesia dan Bupati se-Jawa Barat.

“Untuk Bandung Smart City ini kita akan melancarkan pembangunan dan pelayanan publik. Kami bekerjasama dengan ITB dan stake holder lainnya untuk smart city forum,” ujar Yayan.

Kredit

Bagikan