Pembangunan Kota Bandung akan diarahkan ke wilayah Timur

user
Farah Fuadona 26 Juli 2016, 16:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Laju pertumbuhan ekonomi Kota Bandung saat ini sedang berkembang pesat. Kondisi ini berbanding lurus dengan pembangunan infrastruktur terutama yang berada di wilayah pusat kota.

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya akan mulai mengarahkan pembangunan ke wilayah Bandung Timur. Hal ini sebagai upaya untuk memindahkan pembangunan infrastruktur yang lebih terkonsentrasi di pusat kota.

"Pengembangan pembangunan akan didorong ke daerah timur," ujar Kepala Seksi Rencana Peremajaan dan Pengembangan Kota Distarcip Kota Bandung Rury Rofian saat acara Bandung Menjawab yang digelar di Ruang Media, Balai Kota Bandung, Jalan Watukancana, Selasa (26/7).

Rury menuturkan, aturan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung telah tercantum dalam Perda No. 10 Tahun 2015 tentang RDTR dan Peraturan Zonasi Kota Bandung. RDTR berlaku selama 20 tahun ke depan dari tahun 2015-2035.

"Dalam RDTR ada pembagian Sub Wilayah Kota (SWK) itu ada 8 yakni Bojonegara, Cibeunying, Tegalega, Karees, Arcamanik, Ujung Berung, Kordon dan Gedebage. Masing-masing wilayah harus mengikuti peruntukan bangunan sesuai zona yang ditetapkan," katanya.

Dia mencontohkan, wilayah Bojonegara menjadi salah satu kawasan yang harus ditekan pembangunannya. Sementara di wilayah Timur seperti Gedebage justru didorong pembangunan di wilayah tersebut.

"Kita harus melihat daya dukung daya tampung dari masing masing SWK. Jadi masing-masing wilayah sudah diplot sesuai dengan peruntukannya," katanya.

Rury mengungkapkan, pembangunan untuk sektor perdagangan jasa paling banyak diajukan di Kota Bandung. Namun jika berdiri di kawasan yang tidak sesuai dengan peruntukan maka tidak akan diberikan rekomendasi oleh Distarcip.

"Jangan sampai wilayah yang dalam RDTR misalkan diperuntukkan untuk kawasan perumahan kemudian menjadi kawasan perdagangan jasa. Nah ini banyak sekali yang mengajukan. Namun kita arahkan sesuai dengan peruntukkan di wilayah Timur, misalnya Gedebage," kata dia.

Kredit

Bagikan