Ada 250 ribu kendaraan belum balik ke Bandung usai libur Lebaran 2016

user
Mohammad Taufik 12 Juli 2016, 15:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Arus balik Lebaran 2016 masih akan terus terjadi sampai akhir pekan ini. Diperkirakan masih ada 250 ribu kendaraan yang belum kembali ke domisili masing-masing, DKI Jakarta dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik saat ditemui wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (12/7) siang. "Diprediksikan terdapat sekitar 250 ribu kendaraan belum kembali," kata Dedi.

Berdasar data yang diperoleh Dinas Perhubungan Jawa Barat, hingga Minggu (10/7) baru sekitar 45 persen kendaraan pemudik yang kembali dari kampung halaman mereka.

Menurut dia penghitungan di Gerbang Tol Cikarang Utama pada H-7 sampai H-1 Lebaran 2016 kemarin, tercatat 677.443 kendaraan yang keluar dari tol tersebut menuju arah timur seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sedangkan arus balik dari H+1 sampai H+3, yang tercatat sudah pulang sebanyak 300.264 kendaraan. Jadi baru 45 persen," ujarnya.

Dia mengatakan, keterlambatan arus balik kendaraan pemudik dikarenakan saat ini masih memasuki libur sekolah, sehingga pemudik terutama yang memiliki anak sekolah masih memiliki waktu lama di kampung halaman. "Atau bisa juga (pemudiknya) tidak kembali," katanya.

Pihaknya bersama kepolisian, sudah mengantisipasi kemacetan akibat masih tingginya arus balik, pihaknya bisa saja memperpanjang waktu larangan melintas bagi kendaraan angkutan barang.

"Saat ini larangan tersebut berlaku pada H-7 hingga H+7 (Kamis, 14 Juli). Tapi kalau Sabtu-Minggu macet, demi alasan kemanusiaan, ya akan kita larang lagi. Kita lihat nanti, ini situasional," katanya.

Dedi mengakui, saat masa larangan itupun masih terdapat beberapa angkutan barang yang membandel karena tetap beroperasi. Pihaknya pun langsung menindak tegas kendaraan yang didominasi angkutan pasir tersebut.

Kredit

Bagikan