Ridwan Kamil ingatkan wisatawan yang datang ke Bandung jaga kebersihan

user
Farah Fuadona 09 Juli 2016, 14:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan saat musim libur lebaran seperti sekarang. Sejumlah tempat wisata dipastikan dipadati oleh wisatawan dari luar kota.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengingatkan kepada wisatawan yang datang ke Bandung untuk menjaga ketertiban dan kebersihan.

" Teruntuk wisatawan tercinta, silakan nikmati Kota Bandung selama liburan. Titip jaga kebersihan dan jangan parkir sembarangan," tulis Ridwan dalam akun Instagramnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pihaknya menyiapkan pasukan kebersihan dalam menghadapi musim libur lebaran tahun ini. Menurut Emil, pihaknya bahkan menggandakan pasukan kebersihan hingga dua kali lipat. "Pasukan dua kali lipat. Kebersihan siaga satu," katanya.

Sementara itu, Direktur PD Kebersihan Deni Nurdiana mengatakan khusus untuk menghadapi  lebaran, pihaknya menerjunkan 1.119 pasukan. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 82 armada, 7 mobil sapu dan 2 motor sapu.

"Kita juga tambah shift kerja. Jika kerja normalnya dua shift tapi di titik tertentu bisa jadi tiga shift seperti daerah wisata," kata Deni.

Deni mengatakan, volume sampah yang dihasilkan saat masa libur lebaran diprediksi akan meningkat. Berkaca dari tahun sebelumnya kenaikan volume sampah mencapai 120 persen.

"Tahun kemarin hitungan kenaikan 120 persen. Nah untuk kenaikan tahun ini diprediksi hingga  300-400 persen. Hal ini karena banyak wisatawan yang mendatangi tempat-tempat wisata. Seperti taman alun-alun banyak 'nimbel' membawa makanan di taman dan ini menghasilkan produksi sampah," pungkasnya.

Kredit

Bagikan