Perangi berandalan bermotor, TNI terus operasi di jalanan Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 23 Juni 2016, 10:25 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kodim 0618/BS belakangan ini terus gencar melakukan operasi menjaga keamanan Kota Bandung pada malam hari. Langkah ini dilakukan sebagai upaya menekan adanya aksi berandalan bermotor.

Aksi berandalan bermotor memang menjadi momok bagi warga Bandung. Bukan hanya warga sipil, sasarannya pun menimpa anggota Kopasus TNI AD, Pratu Galang.

Menurut Dandim 0618/BS, Letkol Inf Sugiyono, salah satu alasan Kodim gencar melakukan operasi karena insiden berdarah yang menimpa Pratu Galang.

"Ya, salah satu alasannya itu (menggelar operasi). Intinya kami akan lakukan operasi sampai Kota Bandung aman. Tidak ada batasan waktu. Artinya kalau Bandung belum aman, ya kita akan terus operasi," kata Sugiyono di Mapolrestabes Bandung, Selasa (22/6).

Dia mengaku, bersama Polri operasi dititikberatkan pada wilayah-wilayah yang dinilai rawan. Untuk wilayah Kota Bandung, operasi secara rutin digelar di tiga sektor berbeda yaitu; barat, tengah dan timur. Pola operasi seperti itu dinilai optimal untuk mencegah munculnya tindak kriminalitas.

"Operasi kami bagi menjadi tiga sektor. Jadi semua wilayah bisa dicover. Dan kami tidak sendirian, dibackup Arhanud, Kavaleri, Polri sampai Linmas," ujarnya.

Langkah yang dilakukan TNI ini, menurut dia mendapat apresiasi dari masyarakat. Ia mengklaim kebanyakan masyarakat justru berterimakasih. "Dengan adanya operasi, patroli seperti yang kami lakukan ini, angka kejahatan agak menurun," katanya.

Disinggung soal tindakan tegas yang dilakukan aparat TNI termasuk tembak di tempat, pihaknya tidak membantahnya. Titah Pangdam III Siliwangi bahwa tindakan tegas harus diambil jika berandalan bermotor berbuat ulah.

"Perintah Pak Panglima begitu. Kami juga sudah bersenjata, tapi kami pakai peluru karet," ujarnya.

Kredit

Bagikan