Oded berharap Saritem Mural Art Festival bisa tingkatkan ibadah

user
Mohammad Taufik 19 Juni 2016, 10:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial meresmikan Saritem Mural Art Festival (Smart Fest 2016) di halaman Polsek Andir, Jalan Saritem, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Sabtu (18/07).

Dalam sambutannya, Oded mengatakan momentum ini selain dapat mempererat tali silaturahmi juga memberikan semangat dalam seni dan budaya.

"Terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi secara aktif dalam festival mural ini, semoga upaya kita bersama dalam rangka menumbuhkembangkan seni dan budaya dapat terwujud dengan baik sehingga para generasi muda di masa mendatang tetap akan menjaga kelestariannya," ujar Oded dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung, Sabtu (18/6).

Menurut Oded, penyelenggaraan acara festival mural ini merupakan indikator dari pilar kolaborasi yang merupakan salah satu pilar Kota Bandung.

"Pilar ini memberikan kerja sama antar kewilayahan dan Pemerintah Kota Bandung untuk memberikan kenyamanan dan kelestarian di lingkungan kewilayahan," katanya.

Oded menambahkan, kreativitas inovasi pak camat dan jajarannya dengan mengadakan acara mural, kepedulian warga dalam lingkungan harus bertambah.

"Saya berharap mumpung hari ini Ramadan sedang ibadah saum, kaum muslimin khususnya. Acara ini bisa memenuhi harapan Allah SWT yaitu meningkatkan ibadah kepada Allah dengan membangun kreativitas di wilayah dan menghasilkan kebaikan di lingkungan," kata Oded.

Di tempat sama, Camat Andir Nofidi H Eka Putera menjelaskan, tujuan acara ini memastikan kawasan saritem ini sebagai Kampung Kreatif yang memiliki karakter seni dan ekonomi yang baik dan membangun kolaborasi bersama masyarakat luar melalui inovasi daya kreativitas yang produktif,

"Acara ini bertemakan Ngabuburit, Ngamural, Ngabangun Kampung 'Saritem' Kreatif. Kegiatan mural ini menggunakan seni kaligrafi sebagai bentuk kreativitasnya yang akan dituangkan di tembok-tembok yang sudah disediakan," katanya.

Nofidi menyebut Festival Mural dimulai hari ini hingga 26 juni 2016 mendatang dengan jumlah peserta yang hadir saat ini berjumlah 25 orang. Acara ini memenuhi kemanfaatan bagi wilayah di kawasan khusus yang dikenal Saritem (RW 07 dan 09 kelurahan kebon Jeruk) untuk lebih peduli terhadap lingkungan,

"Diharapkan dengan adanya festival mural ini menjadi pendorong untuk mewujudkan karakter lingkungan sebagai sarana perubahan pembangunan wilayah dan perubahan karakter masyarakat," ujarnya.

Nofidi menambahkan, sebagai sarana perubahan wilayah dilakukan melalui penetapan Kampung Kreatif. Potensi kawasan tersebut didorong lebih produktif memanfaatkan kreativitas yang diawali dengan wujud arsitektural mural pada dinding bangunan yang mengubah opini publik ke arah nyata dan realistis.

Kompetisi mural digelar di tempat lain

Di hari yang sama, selain 'Saritem Mural Art Festival' juga adan event serupa, yakni 'Final Honda Genuine Parts Mural Competition - be Genuine!' digelar di Taman Skate, Kota Bandung. Di sana anak-anak muda Bandung berkompetisi menciptakan karya mural terbaik.

Hajatan yang diselenggarakan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, ini memberikan wadah bagi 10 tim anak muda Bandung untuk bebas berekspresi. Setiap peserta dibebaskan menggambar mural sesuai dengan kreativitas yang mereka miliki, asal sesuai dengan tema.

"Sebanyak 10 peserta ini merupakan hasil seleksi dari 23 peserta yang mendaftar lewat instagram. Bersama Fave Team Mural, kami bekerja sama dalam segi penilaian kreativitas peserta," ujar Elisabeth Riany, General Manager Part Sales, Marketing & Logistic PT DAM, Sabtu (18/6).

Tema yang diusung pada acara kali ini adalah karya seni mural yang mampu mengkomunikasikan keunggulan dari Honda Genuine Part yaitu aman, awet, irit dan presisi, serta AHM Oil yaitu irit BBM, hemat biaya perawatan, tahan lebih lama dan ramah lingkungan.

"Acara 'Final Honda Genuine Parts Mural Competition - be Genuine!' merupakan bentuk apresiasi dari DAM untuk para finalis yang telah mengirimkan karya terbaik mereka, sekaligus untuk menentukan pemenang utamanya," ujarnya.

Ada tiga pemenang utama dan satu pemenang favorit yang akan membawa hadial total 10 juta Rupiah. Para pemenang tersebut adalah Riderikfikri sebagai juara satu, disusul dengan Kelompok Asmara, dan terakhir atau berada diposisi tiga yaitu Kelompok 11anrg. Sementara untuk juara favorit jatuh kepada Asep Wahyu.

Kredit

Bagikan