BMKG prediksi wilayah Bandung akan dilanda hujan selama dua hari

user
Farah Fuadona 18 Juni 2016, 12:45 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hujan melanda wilayah Bandung sejak Jumat (17/6) dini hari hingga Sabtu (18/6) pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memprediksi, hujan dengan intensitas ringan dan sedang masih akan mengguyur wilayah Bandung selama dua hari ke depan.

"Terhitung sejak tanggal 18 hingga 20 Juni wilayah Bandung dan sekitarnya diprediksi hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Jadi besok pagi berawan sampai siang, kemudian siang menjelang sore hujan sedang dan malamnya hujan ringan," ujar Prakirawan BMKG Bandung Neneng Sugianti kepada Merdeka Bandung saat dihubungi Sabtu (18/6).

Neneng menuturkan, faktor penyebab hujan karena ada pusat tekanan rendah di Samudera Hindia, tepatnya di sebelah Barat Pulau Sumatera. Kondisi ini yang kemudian menciptakan awan hujan.

"Awan hujan ini berada di wilayah Sumatera bagian Barat, kemudian Pulau Jawa bagian Barat. Sehingga wilayah-wilayah ini akan dilanda hujan termasuk wilayah Bandung," katanya.

Menurut Neneng, untuk wilayah Bandung tidak hanya Kota Bandung saja tetapi wilayah Bandung Raya seperti Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Cimahi yang akan dilanda hujan. Wilayah ini diprediksi akan dilanda hujan dengan intensitas rendah 5 - 20 milimeter per hari dan intensitas sedang 20-50 milimeter per hari.

"Seperti hari ini kan beberapa wilayah seperti di Cileunyi, Cibiru, Antapani, Kopo, Lembang, juga dilaporkan hujan. Nah salah satu faktor cuaca itu karena regional dan lokal," katanya.

Neneng menambahkan, untuk musim kemarau sendiri diprediksi baru akan datang pada akhir bulan Juni ini. Saat ini kata dia masih dalam masa peralihan musim.

"Untuk wilayah Bandung, musim kemarau itu sekitar Juni dasarian 2. Sekitar tanggal 21 awal musim kemarau," kata dia.

Kredit

Bagikan