Gedung PGN di Jalan Braga jadi galeri produk kreatif anak Bandung

user
Farah Fuadona 17 Juni 2016, 12:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Kerja sama ini dilakukan dalam hal penggunaan aset PGN sebagai galeri menampilkan produk kreatif khas Bandung. "PGN ini banyak aset di kota bandung, kami ingin memanfaatkan," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Jumat (17/6).

Menurut Emil, selama ini pengusaha kreatif di Kota Bandung masih kekurangan tempat untuk menampilkan karyanya. Padahal produk-produk kreatif tersebut butuh pemasaran yang baik agar bertahan. Oleh karena itu, dia mengapresiasi kerja sama penggunaan bangunan milik PGN yang berada di Jalan Braga untuk galeri produk kreatif Bandung. Apalagi bangunan yang dipakai merupakan gedung peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur gaya Eropa klasik.

"PGN dengan Pemkot Bandung sangat kongkrit kerja samanya dan juga semangat Bandung yang berbasis inovasi ini didukung oleh PGN," katanya.

Emil mengaku optimis dengan dibukanya galeri seni tersebut, kunjungan wisatawan untuk melihat produk kreatif masyarakat Bandung akan meningkat. Mengingat lokasinya berada di pusat kota dan menjadi sentra wisata para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Pihaknya akan lebih gencar untuk menggelar acara-acara menarik. Tujuannya sebagai ajang promosi meningkatkan kunjungan juga pembelian.

"Rencananya paling dekat tiap weekend kita akan launching Dekranasda Weekend Market. Turis datang ke msini ramai dan melaksanakan kegiatan jual beli di tempat pameran," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, pihaknya sangat mendorong misi Pemkot Bandung memajukan kegiatan ekonomi kreatif. Sehingga masyarakat yang memiliki semangat usaha memiliki wadah memamerkan karyanya. Kerja sama penggunaan bangunan milik PGN disebutnya sebagai bentuk dukungan untuk Pemkot Bandung mewadahi pelaku ekonomi kreatif tersebut.

"Jadi gedung ini sebagian kita sediakan untuk kegiatan terkait kreativitas dan enterpreneurhsip. Termasuk juga dengan Dekranasda yang dibina Pemkot Bandung memajukan seni dan budaya," ujar dia.

Kredit

Bagikan