Pemkot Bandung gelar Operasi Pasar Murah, ini lokasinya

user
Farah Fuadona 14 Juni 2016, 15:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Kantor Kecamatan Cinambo, Jalan Cinambo. Operasi Pasar Murah ini digelar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat yang rata-rata mengalami kenaikan saat bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini memang ini luar biasa. Pemerintah berkewajiban memberikan keringanan kepada masyarakat khususnya keluarga miskin ketika menghadapi harga yang naik di bulan Ramadan dan menjelang lebaran," ujar Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat meresmikan OPM di Kantor Kecamatan Cinambo, Selasa (14/6).

Oded menilai kegiatan OPM ini merupakan hal yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih pada saat saat seperti sekarang ini harga beberapa jenis bahan pokok mengalami kenaikan

“Dengan kenaikan harga yang cukup meningkat. Kita sebagai konsumen perlu pintar dalam membeli bahan pokok yang ada saat ini di pasaran,”katanya.

Menurutnya, kegiatan operasi pasar murah ini kemungkinan kecil tidak mempengaruhi harga pasaran, karena perbandingannya hanya stimulus. Pasalnya OPM ini hanya diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Harapan saya kepada masyarakat yang membeli bahan pokok di pasar murah ini bisa mengatur kebutuhan sesuai penghasilan yang didapatnya, sehingga kebutuhan setiap harinya bisa terpenuhi,” ungkap Oded.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas KUKM Perindag Kota Bandung Eric M. Attahauric menjelaskan OPM ini merupakan kerjasama antara Pemkot Bandung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. OPM ini khusus diperuntukan untuk rumah tangga miskin dengan target sasaran 7500 kepala keluarga.

Eric menyebut dalam OPM ini terdapat empat jenis komoditi yang dijual dengan harga yang cukup murah dibanding harga pasaran. Empat komoditi tersebut yaitu beras premium, gula pasir kemasan, minyak goreng kemasan serta daging sapi.

"Untuk satu paket terdapat 5 kilogram beras, 3 kilogram telur, 3 liter minyak goreng dan 1 kilogram daging sapi, dengan harga dasar Rp 249.000 per paket. Namun masyarakat cukup membayar Rp 128.000 setelah dikurangi subsidi senilai Rp 121.000 atau 46,59 persen. Dengan harga sebesar itu, warga kurang mampu bisa membelinya. Sebab harga OPM ini cukup murah dan terjangkau,” katanya.

Eric menambahkan, lokasi rencana kegiatan ini, di 6 wilayah kota bandung, waktu pelaksanaan dari tanggal 14 sampai tanggal 17 juni 2016. Distribusi komoditi pangan yang disubsidi tersebut akan dilakukan di 6 titik

- Halaman Kantor Kecamatan Cinambo untuk wilayah Kecamatan Panyileukan, Ujung Berung, Arcamanik, Antapani, Cinambo, Cibiru, dan Mandalajati.
- Depan Kantor Kecamatan Sukasari untuk Kecamatan Sukasari, Sukajadi, Andir, dan Cicendo
- Perumahan Mustika Hegar Regency untuk wilayah Kecamatan Rancasari, Gedebage, Buah Batu, dan Bandung Kidul
- Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk wilayah Kecamatan Astanaanyar, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Bandung Kulon, dan Babakan Ciparay.
- Depan Lapangan Lodaya untuk wilayah Kecamatan Kiaracondong, Batununggal, Lengkong, dan Regol.
- Halaman PD Kebersihan untuk wilayah Kecamatan Cidadap, Coblong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, Cibeunying Kaler, dan Cibeunying Kidul.

“Saya harap mudah-mudahan kegiatan ini dapat dikembangkan lagi sehingga berdampak luas, yaitu disamping membantu masyarakat berpenghasilan rendah memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah.” ujarnya.

Kredit

Bagikan