Tim Roobics Telkom University raih juara 3 kontes robot nasional

user
Mohammad Taufik 06 Juni 2016, 12:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tim Roobics dari Telkom University (Tel-U), Kabupaten Bandung, mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016. Pada kompetisi yang digelar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Sabtu (4/6) lalu, Tim Tel-U membawa Eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback.

Berkat kerja sama apik kedua robot tersebut, Tim Roobics Tel-U menjadi juara tiga dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). KRI 2016 diikuti 114 tim dari 52 perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka merupakan hasil seleksi dari empat regional yang sudah dilombakan sebelumnya.

Eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback merupakan robot yang dikembangkan Hendriadi Mukri (Teknik Telekomunikasi 2013), Andri Dwi Septian (Sistem Komputer 2014), Eduardus Antoni Setyawan (Teknik Elektro 2014), Alyani Durrah Fauzan (Teknik Elektro 2014), Khikmah Nur Dwi Nofanti (Teknik Elektro 2013), dan Robby Yanuar Setiadi (Teknik Elektro 2014).

Pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia, kedua tim diharuskan menyelesaikan pertandingan dalam waktu maksimal tiga menit. Mereka harus menyelesaikan pertandingan dengan melintasi zona lintasan dan memasangkan propeller di zona terakhir. Kerja sama yang apik antara eco-robot dan hybrid-robot sangat diperlukan untuk menyelesaikan misi ini.

Tim Roobics tampil mulus di babak penyisihan. Hanya saja, pada tahap semifinal Tim Roobics harus rela kalah oleh tim dari Politeknik Jember. Tim Politeknik Jember berhasil menyelesaikan misi lebih cepat dari pada tim Roobics.

Namun pada babak perebutan juara 3, pertandingan berlangsung seru antara Tim Roobics Tel-U dan Universitas Jember. Kedua tim sama-sama berhasil sampai di zona terakhir dan mengambil propeller dari eco-robot. Tetapi kedua tim sama-sama tidak berhasil menyelesaikan misi untuk memasang propeller pada pole di zona terakhir hingga waktu pertandingan habis.

Beruntung, Tim Roobics Tel-U lebih unggul selisih waktu dari Universitas Jember, yakni 1 menit 11 detik. Sedangkan tim dari Universitas Jember 1 menit 37 detik. Hal ini membuat Tim Roobics Tel-U berhasil meraih juara 3.

Ketua Tim Roobics, Hendriadi Mukri, mengatakan timnya menyiapkan kedua robot tersebut secara maksimal demi mengikuti lomba ini. "Kami bekerja dari pagi hingga malam dan ini yang terbaik yang bisa kami berikan. Perjuangan kami terbayar dengan berhasil mendapat gelar juara 3 ini," ujar Hendriadi Mukri, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Senin (6/6).

Ada lima kategori yang dilombakan dalam KRI 2016, yakni Kontes Robot ABU Indonesia, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda dan Berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Ekshibisi Sepak Bola Beroda Indonesia (ERSBI).

Sementara itu, juara 1 kategori Kontes Robot ABU Indonesia adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Jember berhasil meraih juara 2 dan Universitas Negeri Jember berhasil menjadi Juara Harapan. PENS juga keluar sebagai juara Umum KRI 2016. Sebagai Juara Umum PENS berhak membawa pulang piala bergilir Prawara Eksha Nalin Syandana yang baru diperebutkan pada KRI 2016 ini.

Kredit

Bagikan