Pemkot Bandung canangkan Kelurahan Situsaeur menjadi kampung KB

user
Mohammad Taufik 06 Juni 2016, 11:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Salah satu program pemerintah pusat dalam hal pembinaan dan penguatan keluarga adalah Kampung Keluarga Berencana (KB). Program ini bertujuan agar masyarakat di daerah turut serta membangun keluarga yang berkualitas.

Pemerintah Kota Bandung mencanangkan Kelurahan Situsaeur sebagai Kampung KB. Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya program KB menjadi latar belakang dicanangkannya Kelurahan Situsaeur sebagai Kampung KB.

"Yang namaya Kampung KB itu diharapkan masyarakat dalam berumah tangga dan berkeluarga itu bisa lebih terencana," kata Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial usai meninjau dan mencanangkan Kampung KB di RW 07, Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Sabtu (4/6).

Oded mengungkapkan bahwa warga RW 07 Kelurahan Situsaeur ini adalah warga yang luar biasa. Masyarakat memiliki kesadaran yang cukup tinggi akan pentingnya program Keluarga Berencana.

Setiap komponen masyarakat bekerja sama untuk menciptakan keluarga yang berkualitas sehingga sistem kemasyarakatan bisa dibangun dengan kokoh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Kampung KB dicanangkan di wilayah ini.

"Saya berharap ini jadi miniatur, jadi role model. Kalau berhasil, Pak Lurah, tolong ditularkan ke wilayah lain," ucap Oded.

Menurut Oded, padatnya penduduk Kelurahan Situsaeur ini juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa Kampung KB dicanangkan di tempat ini. Ke depan, Oded menargetkan untuk mencanangkan Kampung KB lainnya di wilayah padat penduduk.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung Entin Kartini menambahkan Kampung KB ini mencoba memadukan konsep pembangunan terpadu bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera.

"Ini adalah salah satu upaya untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB," ujar Entin.

Kredit

Bagikan