Bandung seperti Kota Meksiko, rawan gempa

user
Farah Fuadona 03 Juni 2016, 15:47 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Meksiko menjadi salah satu kota paling rawan gempa di dunia. Jika memasukan kata kunci gempa Kota Meksiko di Google, maka sederet peristiwa gempa bumi dengan kekuatan besar akan bermunculan.

Menurut pakar rancang bangun Davi Sukamta, Kota Bandung memiliki kemiripan dengan Mexico City. Sebab Kota Bandung berdiri di atas tanah hasil endapan danau purba. Begitu juga dengan Mexico City.

Sehingga kota dengan kondisi tersebut sangat rawan jika terjadi gempa bumi. Alasannya, tanah tempat kota berpijak berupa hasil sedimentasi danau purba. Sehingga mudah goyah saat terjadi gempa.

Oleh karena itu, pendiri Davy Sukamta & Partners (DSP) Structural Engineers itu berharap bangunan-bangunan di Bandung harus dirancang tahan gempa.

Sehingga kejadian gempa seperti Aceh 2004, Yogyakarta 2006, Padang 2009 yang banyak menelan korban bisa dihindari. Bangunan-bangunan tahan gempa terutama diperlukan bagi fasilitas-fasilitas publik, antara lain sekolah.

“Maka di Bandung harus ekstra hati-hati, bangunan yang lebih tinggi akan menderita. Melihat pengalaman Mexico City harus hati-hati,” kata Davy dalam Seminar Nasional Bandung Teknopolis di Aula Kampus Pascasarjana Unpar, Bandung, Jumat (3/6).

Bandung memerlukan studi khusus terkait sumber-sumber gempa yang ada, dan berapa besar magnitude yang dihasilkan sumber-sumber gempa tersebut. Hasil studi ini bisa dipakai Pemerintah Kota Bandung untuk merancang bangunan tahan gempa.

“Pemkot Bandung juga harus punya program respon bencana. Jepang bisa mengurangi kematian karena respon bencananya cepat,” ujarnya.

Mengenai sumber-sumber gempa di Bandung, Davy mengungkapkan Kota Bandung menghadapi patahan Lembang di utara. Patahan atau sesar gempa ini memanjang dari Gunung Manglayang hingga Padalarang.

Di Padalarang, patahan Lembang bertemu dengan sesar Cimandiri yang terbentang dari Pelabuhan Ratu hingga ke Lembang. Adanya patahan gempa bumi ini harus diperhitungkan untuk pembangunan di Kota Bandung. “Jadi sumber gempa di Bandung besar,” katanya.
 
Begitu juga dalam rencana pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Gedebage, Bandung. Gedebage sendiri merupakan daerah bekas danau purba dengan tanah endapan lumpur. “Mexico City seperti Gedebage, awalnya danau purba,” ujarnya.

Kredit

Bagikan