Road to Tafisa Games 2016 akan dimulai dari Bandung

user
Mohammad Taufik 22 Mei 2016, 10:26 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung dipilih menjadi kota pertama dilaksanakannya Road To The Association for International Sport for All (TAFISA) World Games 2016. Sosialisasi Tafisa ini dilakukan mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Oktober 2016 mendatang.

Tafisa sendiri merupakan asosiasi olahraga internasional untuk semua orang. Road to Tafisa dipusatkan di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (21/5) malam.

"Pertama untuk roadshow (Tafisa) sebelum nanti benar-benar dilaksanakan Oktober mendatang. Selanjutnya akan ada ke Yogya, Surabaya dan bahkan ke luar Jawa," kata Ketua Panitia Pelaksana TAFISA World Games 2016 Hayono Isman di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (21/5) malam. Hayono menyampaikannya usai bertemu dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dengan adanya roadshow di Kota Bandung, dia berharap Tafisa yang merupakan olimpiade-nya olahraga masyarakat itu bisa tersampaikan dengan baik. Ditambah dukungan Ridwan Kamil akan adanya hajat olahraga masyarakat tersebut.

"Wali kota ternyata paham betul. Olah raga ini pelakunya masyarakat. Semua berkumpul. Mencairkan berpotensi kekerasan yang ada di masyarakat," ujarnya.

Ridwan Kamil menyambut baik rangkaian Road to Tafisa 2016 yang digelar di Bandung. Karena Bandung sendiri pernah menghasilkan beberapa cabang olahraga yang menjadi populer hingga dewasa. Salah satunya tarung derajat.

"Memulai rangkaian pertama di Bandung. Menariknya adalah pertandingan tradisional. Ini unik, sifatnya tidak seperti olimpiade. Karena menurut saya manusia itu makhluk bermain. Kesehariannya menciptakan hal yang fun (menyenangkan)," ujar Haryono.

TAFISA World Games 2016 rencananya akan melibatkan 110 negara peserta dan melibatkan atlet lebih dari 12.000 orang.
Para atlet tersebut akan berlomba di berbagai venue yang tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta, seperti Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Sudirman-Thamrin, Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII), Pantai Marunda dan Ancol.

Adapun olah raga yang diperkenalkan pada kegiatan Road To TAFISA Games 2016 ialah:

  1. Olahraga masa kini seperti komunitas xtreme games yang akan menampilkan skateboard, BMX free, inline skate, street soccer dan cheerleader.
  2. Dari olahraga masa lalu akan menampilkan parade dari beberapa cabang olahraga yang diwakili oleh komunitas silat, loncat batu dari nias, panahan dari Yogyakarta, tari perisaian adat sasak Lombok.
  3. Sport for All Festival (Creative and Culture Dance) yakni sport for all festival kami akan menampilkan dance poco-poco.
  4. Art perform : Nasional yakni menampilkan Tari Saman (Aceh), Sisingan (Jawa Barat).
  5. Art perform : Internasional Tari Kathak (India), Tari Kipas (Korea), Tari Hula Hula (Hawai) Barongsai (China), Tari Tanggo (Argentina), Tari Morris (Inggris).

Untuk exhibition menampilkan beberapa cabang olahraga yang akan tampil pada TAFISA Games 2016 di Jakarta, antara lain:

  1. Area Traditional Games seperti egrang, gasing, congklak, galasin, sepakbola api, tarik tambang.
  2. Area Foto Galeri akan menampilkan puluhan foto perwakilan dari negara peserta TAFISA Games 2016.
  3. Area Elektronik Games akan melangsungkan kompetsi games warcaft dan kompetsi playstation FIFA 2015.
  4. Area hobi games akan menampilkan komunitas air soft guns.

Kredit

Bagikan