Bandung jadi tuan rumah perayaan pidato Pancasila Bung Karno 1 Juni

user
Mohammad Taufik 17 Mei 2016, 16:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Perayaan pidato Pancasila Bung Karno 1 Juni secara nasional akan dipusatkan di Kota Bandung. Dalam acara tersebut rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, pemilihan Kota Bandung sebagai tempat perayaan pidato Pancasila Bung Karno berdasarkan penunjukan MPR. Dua tahun sebelumnya secara berturut-turut perayaan pidato Pancasila Bung Karno dilaksanakan di Ende, Flores dan Blitar, Jawa Timur.

"Jadi MPR memutuskan tahun ketiga di Bandung. Penunjukan oleh MPR, karena ini acara nasional tentu kami meramaikan. Tapi Bandung dengan acara nasional tahun ini," ujar Ridwan kepada wartawan saat ditemui di Pendopo wali kota, Jalan Dalem Kaum, Selasa (17/5).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, perayaan tanggal 1 Juni yang dikenal dengan hari kesaktian Pancasila, diharapkan dapat membuat masyarakat terutama generasi muda melek sejarah khususnya sejarah Bung Karno. Terlebih lagi di Kota Bandung banyak tempat bersejarah Bung Karno.

"Tujuannya anak Bandung khususnya tahu sejarah Bung Karno. Dimana rumahnya Ibu Inggit, jodohnya di ruang arab (Pendopo) dicomblanginnya di situ, sekolahnya ITB, karyanya di sana sini," kata Emil.

Emil menyebut, Bung Karno sendiri merupakan sosok manusia multidimensi. Sosok ini, kata Emil, menjadi sosok yang langka di republik ini.

"Dia pintar, berani, ganteng, puitis, seniman, kumpul dalam satu individu dan dia membebaskan Indonesia. Sehingga dari semua sosok di republik ini, tidak banyak yang punya kelengkapan dimensi seperti itu. Oleh karena itu si anak muda yang waktunya habis mengakses informasi selama bulan Juni akan diberi pengetahuan tentang sejarah Bung Karno itu cara kita," ungkapnya.

Perayaan pidato Pancasila Bung Karno ini akan dilaksanakan di Gedung Merdeka. Rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Rangkaian acara

Adapun untuk rangkaian acaranya, Ridwan Kamil mengatakan ada sejumlah acara yang dipersiapkan selama bulan Bung Karno. Mulai dari acara seminar hingga bedah buku.

"Acaranya rangkaian seminar Indonesia menggugat dalam perspektif Bung Karno di Gedung Indonesia Menggugat. Kemudian ada acara bedah buku Bung Karno. Ketiga ada pagelaran wayang dengan tema Pancasila, ada parade Bung Karno dan Pancasila pada 1 Juni," ujar Emil.

Emil mengaku pihaknya juga mengajak masyarakat untuk hadir saat acara parade Bung Karno. Acara parade rencananya akan dilaksanakan di Jalan Asia Afrika.

"Saya undang masyarakat untuk hadir di Jalan Asia Afrika, ada festival itu. Nanti juga ada pidato di dalam Gedung Merdeka dan berakhir dengan ziarah ke penjara Banceuy," katanya.

Selain itu lanjut Emil, pihaknya juga akan menyelenggarakan berbagai lomba di sekolah-sekolah selama acara bulan Bung Karno. "Selama sebulan akan ada lomba di sekolah-sekolah, seperti lomba puisi dan kreativitas. Jadi tanggal 1 sampai selesai bulan akan didedikasikan untuk Bung Karno dan Pancasila khususnya di Bandung," ujarnya.

Kredit

Bagikan