Sebelum berlibur, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal ini

user
Mohammad Taufik 05 Mei 2016, 11:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Libur panjang akhir pekan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Sebagian besar masyarakat memanfaatkannya dengan berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Namun sebelum berlibur, ada baiknya Anda tetap memperhatikan beberapa hal. Sehingga Anda dapat berpergian dengan tenang dan nyaman.

"Jika anda akan berlibur dan bepergian ke luar kota, pastikan rumah atau pintu gerbang terkunci aman. Titipkan no hp Anda ke tetangga atau satpam, RT," ujar Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Ferdi Ligaswara, Kamis (5/5)

Selain itu, kata Ferdi, pastikan berbagai peralatan seperti kompor, gas, komputer, kipas angin, ac, tv, setrika dimatikan sebelum berpergian. Serta jangan ada penumpukan arus listrik pada satu beban titik.

"Matikan lampu yang tidak perlu. Lampu menyala pada siang hari akan mengundang niat jahat maling, rampok. Oleh karenanya lampu halaman atau depan disarankan menggunakan sensor otomatis (nyala saat malam, mati saat siang)," katanya.

Jika terjadi hal - hal yang bersifat darurat Anda dapat meminta bantuan dengan menghubungi nomor 113, (022) 7207113, 7279817.

"Jika ada kriminalitas hubungi petugas operator atau 108 nomor yang dihubungi berdasar wilayah kerja. Jangan lupa sebelum berangkat periksa kelayakan/perlengkapan kendaraan anda," ucap Ferdi.

Selamat berlibur bagi yang berlibur. Semoga berbahagia, sehat, lancar, selamat, membawa semangat baru.

Kredit

Bagikan