Genjot pembinaan di SMK, DAM jalin kerja sama ke sekolah di Jabar

user
Mohammad Taufik 05 Mei 2016, 11:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dengan upaya terus menggenjot pembinaan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), PT Daya Adicipta Motora (DAM) terus konsen menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Jawa Barat.

DAM selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat baru saja meresmikan tiga SMK yang didapuk masuk KTSM. Penandatangan kerja sama pun dilakukan, Rabu (4/5) kemarin di SMK TI Muhammadiyah Cikampek.

Manager Technical Development DAM Yudi Heriyadi mengatakan, bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor (AHM), DAM mengikat kerja sama dengan tiga SMK yang ada di Jawa Barat. Dengan begiu, sudah ada 116 SMK yang menjadi SMK binaan Honda.

"Tiga sekolah terpilih ini akan langsung bergabung dalam jaringan sekolah pengembangan KTSM. Sekolah akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau Technical Training Level Satu (TTL 1)," ujar Yudi kepada Merdeka Bandung, Rabu (4/5).

Sementara itu, proses kerja sama ini ditargetkan DAM hingga akhir tahun 2016 bisa memiliki 123 SMK KTSM yang tersebar di Jawa Barat. Yang diharapkan dengan adanya KTSM ini adalah siswa-siswa lulusan SMK dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau wiraswasta.

"DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Kurikulum ini akan mencakup silabus khusus yang disaranai untuk siswa tingkat SMK, dan dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa laboratorium di sekolah-sekolah terpilih. SMK KTSM Honda di wilayah Jawa Barat akan dibina DAM agar terciptanya link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri," terang Yudi.

Pihaknya berharap agar para pelajar lulusan SMK binaan Honda dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

"Sebagai bagian dari rangkaian acara, digelar pula pelatihan mengenai keunggulan teknologi sepeda motor Honda untuk siswa-siswa dan guru SMK. Pelatihan ini disokong oleh DAM sebagai bekal dasar dalam pembinaan Kurikulum Teknik Sepeda Motor," ujarnya.

Dihadirkan pula Servis Kunjung Paguyuban AHASS Karawang yang akan melayani Service Ekonomis dan Safety Check untuk pengendara motor Honda di SMK. Tidak ketinggalan kampanye keselamatan berkendara berupa pelatihan safety riding untuk pelajar dan guru.

Kredit

Bagikan