PD Kebersihan awasi kemunculan TPS liar di wilayah perbatasan

user
Farah Fuadona 08 April 2016, 19:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wilayah perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dinilai menjadi lokasi yang rawan munculnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Hal ini seperti yang terjadi di  Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, dimana lokasi tersebut menjadi bukit sampah .

Direktur Utama PD Kebersihan Deni Nurdiana menilai kondisi tersebut disebabkan kurangnya kesadaran warga. Terkait perilaku membuang sampah sehingga memunculkan TPS liar.

"Kebanyakan justru yang buang sampah di sana tetangga sebelah. Di sisi lain kondisi tersebut disebabkan lemahnya pengawasan dari aparat kewilayahan setempat," ujar Deni kepada Merdeka Bandung, saat dihubungi, Jumat (8/4).

Selain itu kata Deni wilayah perbatasan lainnya yang terdapat TPS liar yakni berada  di Kelurahan Wates. Menurut dia meski pihaknya telah menyediakan TPS resmi, masyarakat tetap membuang sampah di TPS liar.

Untuk itu lanjut Deni perlu upaya bersama antar lintas wilayah untuk penanganan sampah di perbatasan. Pengawasan TPS liar harus ditingkatkan

"Karena wilayah perbatasan, jadi penanganannya harus lintas wilayah juga. Kita enggak bisa bekerja sendirian. Untuk itu koordinasi lintas wilayah harus terus dilakukan menyelesaikan persoalan sampah ini," jelas dia.



Kredit

Bagikan