Ridwan Kamil ingin maksimalkan fungsi bandara jadi galeri seni

user
Farah Fuadona 31 Maret 2016, 12:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Terminal baru Bandara Husein Sasatranegara tak lama lagi akan segera dioperasikan. Keseluruhan pengerjaan bangunan dipastikan hampir rampung dalam waktu dekat.

Lokasi yang menjadi salah satu pintu masuk ke Kota Bandung ini memiliki wajah baru. Sejumlah karya seni tampak menghiasi sejumlah ruangan bandara

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan pembangunan terminal baru bandara Husein Sasatranegara memang mengusung konsep 'Art Galery'. Selain bangunan fungsional sebagai bandara, juga  ingin menonjolkan fungsi seni.

Terminal baru Bandara Husein Sasatranegara
© 2016 merdeka.com/Instagram Ridwan Kamil




"Kita ingin maksimalkan seperti galeri. Makanya temanya galeri, ada galeri lukis, ada galeri foto ada galeri seni patung. Jadi kemanapun kita lihat suasana hati wisatawan ini tenang. Tidak kayak airport-airport lain terlalu fungsional. Di sini ada fungsi seni itu yang kita tonjolkan," ujar Ridwan kepada wartawan, Rabu (30/3).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, konsep seni yang ditonjolkan di Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara, menjadi pembeda dibandingkan bandara-bandara di kota lain.

"Bandara itu satu sama lain mirip-mirip. Nah harus ada pembeda itu suasana seninya itu. Jadi terasa ini bandara bukan kayak kota-kota lain yang kering, steril tapi yang ini ada suasana seninya juga dengan gabungan seni modern dan seni tradisional," ujarnya.

Desain interior terminal baru Bandara Husein Sasatranegara
© 2016 merdeka.com/Instagram Ridwan Kamil




Terlebih lagi lanjut dia, Kota Bandung menjadi salah satu kota yang dihuni oleh banyak seniman. Ruangan-ruangan bandara dapat menjadi galeri seni untuk seniman Bandung.

"Kita ada fokus karena seniman di Bandung banyak sekali, nanti kita atur. Bahkan di pintu kedataangannya pun di ruang tunggu nanti ada kecapi suling," ungkapnya.

Emil menambahkan, sebelum terminal baru diresmikan, dia meminta pihak pengelola untuk melakukan uji coba baik untuk fasilitas maupun terkait sistem. Hal ini untuk memastikan bahwa terminal bandara benar-benar siap dioperasikan.

" adi ada testing lah yah, testing percobaan pertama untuk ngetes sistem dan fasilitas bandara ini," kata Emil.

Kredit

Bagikan