Terminal baru Bandara Husein Sastranegara siap beroperasi

user
Farah Fuadona 31 Maret 2016, 09:39 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pembangunan Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara yang telah dilakukan sejak sekitar satu tahun lalu, mulai rampung. Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara rencananya siap dioperasikan pada April 2016.

General Manager PT Angkasa Pura II, Dorma Manalu menuturkan bangunan terminal baru secara fisik sudah siap dioperasikan. Pihaknya saat ini tinggal menunggu surat persetujuan pengoperasian dari Kementerian Perhubungan.

"Saat ini surat sedang dipersiapkan di sana, kita sudah selesai diverifikasi. Diverifikasi kita sudah oke, tindaklanjutnya pun sudah oke. Kita harapkan 1-2 hari ini sudah turun setelah itu kita beroperasi," ujar Dorma kepada wartawan, Rabu (30/3).

Menurut Dorma, jika sudah mulai beroperasi bangunan terminal baru ini akan digunakan untuk pelayanan rute penerbangan domestik dan internasional. Pelayanan rute penerbangan domestik dan internasional akan dilakukan sementara sembari menunggu renovasi terminal lama rampung.

"Nantinya setelah selesai direnovasi ini hanya menjadi tinggal domestik, yang internasional pindah ke tempat  yang lama," katanya.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Huseim Sastranegara memiliki total luas mencapai 17 ribu meter persegi itu terdiri dari dua lantai. Sebagian lantai satu tampaknya akan digunakan untuk chek-in dan lantai dua untuk calon penumpang menunggu giliran menuju pesawat.

Terminal baru yang biaya pembangunannya mencapai Rp 174 miliar ini, nantinya akan menambah daya tampung bandara. Jika terminal lama hanya mampu menampung 500 ribu orang per tahun, daya tampung terminal baru ini bisa menampung 3 juta orang per tahun. Dalam sehari rencananya bandara tersebut melayani 80-90 penerbangan.

Kredit

Bagikan