Bandung Ayo Menari meriahkan CFD Dago

user
Mohammad Taufik 27 Maret 2016, 14:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Suasana Car Free Day Dago (CFD) pagi tadi berbeda dengan CFD sebelumnya. Nuansanya kental dengan berbagai jenis tarian. Jalanan Ir H Djuanda atau Dago dipenuhi ratusan penari.

Beragam tarian ditampilkan, mulai yang tradisional hingga kontemporer. Para penari menari sambil berjalan dengan rute Jalan Dayang Sumbi, masuk ke Jalan Ir H Djuanda (Dago) dan berakhir di Taman Dago-Cikapayang.

Di Taman Dago-Cikapayang, para penabuh gamelan mengiringi penari dan pemain pencak silat. Taman tersebut didominasi para penari muda mengenakan berbagai kostum tari.

Acara tersebut sebagai pembukaan 'Bandung Ayo Menari' terkait ulang tahun Jurusan Tari ISBI Bandung yang ke-48 sekaligus pembukaan 'Festival Tari Kreasi' di ISBI Bandung.

Banyak mahasiswa dan dosen ISBI Bandung memeriahkan Bandung Ayo Menari ini. Selain itu, berbagai komunitas atau sanggar tari juga turut turun ke CFD.

Rektor ISBI Bandung Een Herdiani, mengatakan acara menari di acara CFD atau pusat keramaian penting terutama bagi mahasiswa. Dengan menari di tempat umum, mahasiswa seni tari bisa membaur atau berinteraksi dengan masyarakat.

"Dengan membaur masyarakat bisa tergerak bahwa kita memiliki tradisi berbagai macam tarian, lalu ke depannya masyarakat tertarik untuk mempelajari seni tari," kata Een di sela pertunjukan, Minggu (27/3).

Sebelumnya, mahasiswa tari sudah belajar teori dan praktik selama di kampus. Lewat acara tersebut, mereka memamerkannya ke publik.

Mengenai momen ulang tahun ISBI Bandung ke-48, ia berharap ke depan jurusan tari makin maju lagi, apresiasi masyarakat terhadap seni tari makin tinggi lagi. Sebab, tumbuh kembang seni tari tergantung pula pada apresiasi masyarakat.

"Semoga jurusan tari semakin maju, kita menjadi bisa menerapkan nilai-nilai yang ada pada tarian bukan hanya memperdalam kegiatannya saja," katanya.

Sementara Dosen Tari ISBI Bandung, Mas Nanu Muda, menambahkan ada sekitar 700 penari dari mahasiswa dan sanggar tari se-Kota Bandung yang mengikuti Bandung Ayo Menari. Acara ini sebagai pembukaan 'Festival Tari Kreasi' di ISBI Bandung 29, 30, dan 31 Maret 2016.

Kredit

Bagikan