Tangani sampah, DPRD dorong Pemkot Bandung segera hadirkan PLTSa

user
Farah Fuadona 26 Maret 2016, 15:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pengelolaan sampah di Kota Bandung harus menjadi program prioritas Pemkot Bandung pada tahun ini. DPRD Kota Bandung meminta Pemkot Bandung untuk segera merealisasikan  pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) sebagai solusi jangka panjang pengelolaan sampah di Kota Bandung.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Bandung Isa Subagja kepada wartawan di sela acara Rapat Konsolidasi Partai PDI Perjuangan DPC Kota Bandung yang digelar di Jalan BKR, Sabtu (26/3).

Isa menuturkan pengelolaan sampah di Kota Bandung  saat ini sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan pola konvesional. Produksi sampah yang tergolong cukup tinggi membuat Pemkot Bandung perlu melakukan terobosan melalui pola penanganan sampah dengan sentuhan teknologi.

"Kita tidak bisa lagi menangani sampah dengan cara konvensional. Karena melihat di lapangan, tidak akan terkejar antara volume produksi (sampah) dengan cara penanganan yang dilakukan saat ini (konvensiona). Sehingga kita harus sudah beralih ke pengelolaan sampah dengan cara modern," ujar Isa.

Dia mengungkapkan, dewan sendiri terus mendorong Pemkot Bandung untuk segera merealisasikan pembangunan PLTSa. Dengan kehadiran PLTSa ini diharapkan menjadi solusi jangka panjang untuk pengelolaan sampah di Kota Bandung.

"Justru kami dari dulu sudah menyampaikan bahwa kita tidak lagi bisa menangani sampah itu secara konvensional. Maka dari itu kita terus mendorong agar Pemkot Bandung segera membangun sebuah pola penanganan sampah dengan teknologi modern lewat PLTSa,"katanya.

Isa mengaku tidak mempermasalahkan terkait teknologi yang digunakan oleh Pemkot Bandung dalam pembangunan PLTSa ini. Namun dengan catatan, teknologi yang digunakan tetap ramah lingkungan.

"Nah dengan teknologi artinya teknologi juga tidak asal-asalan. Terkait bentuknya seperti apa tentunya teknologi yang ramah lingkungan," pungkasnya.

Kredit

Bagikan