TNI bersihkan sampah seberat 150 ton dari aliran Sungai Cikapundung

user
Farah Fuadona 25 Maret 2016, 10:59 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemkot Bandung, Pemkab Bandung bersama TNI melakukan upaya kolaborasi untuk membersihkan aliran Sungai Cikapundung yang berada di Kampung Cijagra, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Dari satu lokasi ini petugas berhasil mengangkat 150 ton sampah dari Sungai Cikapundung dalam satu hari.

"Hampir di atas 150 ton yang sudah terangkat. Sampah ini kita angkut dengan menggunakan 30 truk zipur," ujar Dandim 0618-BS, Letkol Inf Agoes Hari Soewanto kepada Merdeka Bandung saat ditemui di lokasi, Kamis (24/3).

Dia menuturkan banyaknya sampah yang berada di lokasi tersebut akan membutuhkan waktu selama beberapa hari. Dia menargetkan pengerukan sampah di sungai itu bakal selesai dalam 3 - 4 hari mendatang.

"Ya karena volume sampah yang menumpuk di sungai cukup banyak. Ini termasuk juga dengan yang di Citepus," katanya.

Sampah yang telah diangkut ke truk lanjut Agoes,  selanjutnya akan dibawa ke  TPA Sarimukti dan Legoknangka.

"Mana yang lebih dekat akan kita bawa kesitu. Sehingga proses buang sampah lebih cepat jumlah alat angkut dan waktu," ungkapnya.

Dalam kegiatan pembersihan sungai ini, pihaknya mengerahkan ratusan anggota dari Kodim dan Yon Zipur. Dalam beberapa hari ke depan pembersihan sungai dihrapkan dapat segera tuntas.

"Kita kan bersama petugas gabungan dengan Kabupaten Bandung.  Mudah-mudahan dalam beberapa hari bisa selesai," pungkasnya.

Kredit

Bagikan