Disebut kirim sampah ke Kabupaten Bandung, ini pembelaan Ridwan Kamil

user
Mohammad Taufik 21 Maret 2016, 16:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan jika sampah yang menumpuk di Sungai Cikapundung, Kampung Cijagra, Kabupaten Bandung, tidak sepenuhnya berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Karena sungai di Cikapundung itu membelah beberapa daerah di Bandung Raya.

"Cikapundung ini juga menerima dari Kabupaten Bandung Barat Lembang. Jadi jangan saling menyalahkan," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Bandung, Senin (21/3).

Jika berbicara fakta, pria berkaca mata itu mengaku dalam sehari sampah yang dihasilkan dari Kota Bandung adalah 1.500. Adapun yang terangkat oleh PD Kebersihan Kota Bandung mencapai 1.300 ton seharinya. "Artinya ada 200-an ton lagi, tapi ini sudah berkurang jauh," ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Bandung kata dia, sampah yang dihasilkan dari warganya bisa sampai 1.200. Adapun yang terangkut hanya 400 ton. "Berarti 800 ton itu dibuang kemana? Ya sungai. Jadi tidak secara ilmiah itu dari Kota Bandung. Memang harus dibuktikan dulu," ujarnya.

Sungai Cikapundung yang merupakan anak sungai Citarum beberapa hari kebelakang layakna lautan sampah. BPLHD Jabar bahkan menyebut ada 500 ton sampah yang menggenangi kawasan di Kampung Cijagra, Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Kredit

Bagikan