Angkot di Bandung secara bertahap akan dikonversi menjadi bus

user
Farah Fuadona 15 Maret 2016, 15:52 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan segera merealisasikan program konversi angkot ke bus. Angkot di Bandung nantinya akan dibeli oleh Pemkot Bandung untuk selanjutnya dikonversi menjadi bus.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Didi Ruswandi menuturkan tujuan konversi angkot ke bus ini untuk meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat. Bus dipilih lantaran dapat memberikan pelayanan yang lebih nyaman.

"Tujuannya untuk mengurangi volume kendaraan dan pelayanan bagi publik meningkat karena bus lebih nyaman. Kalau diangkot sesak enggak nyaman," ujar Didi saat dihubungi, Selasa (15/3).

Menurut Didi, saat ini pihaknya sedang menyusun kriteria angkot yang dinilai layak untuk dikonversikan. Namun konversi tahun ini diprioritaskan terhadap angkot yang bersinggungan dengan TMB koridor I,II, dan III.

"Kalau melihat anggaran yang ada saat ini diperkirakan dapat mengkonversi sekitar 300 angkot. Rasio konversi yang diberlakukan 1 : 3 bagi bus berukuran sedang, kemudian 1 : 5 bus berukuran besar," katanya.

Didi mengungkapkan, trayek bus yang beroperasi nantinya akan disesuaikan dengan trayek angkot sebelumnya. Pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar dari  APBD

"Mudah-mudahan April ini berjalan, sedang kita susun kriteriannya angkotnya dan menaksir harga angkotnya," pungkasnya.

Kredit

Bagikan