Pemkot Bandung relokasi 45 pedagang di Jalan Purnawarman

user
Mohammad Taufik 14 Maret 2016, 17:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung akhirnya merelokasi 45 pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Purnawarman. Mereka direlokasi ke lahan parkir outdoor milik pengelola BEC (Bandung Electronic Center) di kawasan Jalan Purnawarman.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan relokasi PKL di Jalan Purnawarman merupakan bagian dari penataan PKL di Kota Bandung. Pemkot Bandung selalu berkomitmen untuk membina para pelaku ekonomi kerakyatan.

"Karena semua warga Bandung ini harus sejahtera. Harus sejahtera dengan taat aturan. Hari ini contoh kami membina bukan membinasakan. Di Jalan Merdeka dulu juga banyak PKL, sekarang sudah nyaman di BIP juga," ujar wali kota yang akrab disama Emil ini di sela relokasi PKL, Senin (14/3).

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, untuk pemilihan tempat relokasi merupakan aspirasi dari para PKL. PKL menginginkan lokasi berjualan di tempat outdoor. Dari 45 PKL yang direlokasi terdiri dari 28 PKL kuliner dan 17 PKL aksesoris.

"Tempat relokasi ini aspirasi dari PKL yang menginginkan tempat outdoor juga. Setelah kita berbicara dengan pihak pengelola, akhirnya ditempatkan di sini. Semua tidak terkecuali kita akan atur dengan baik," katanya.

Untuk memastikan kenyamanan PKL di lokasi baru tersebut, Emil juga mengaku akan melengkapi dengan berbagai sarana prasarana seperti meja, kursi dan tenda. Tak hanya itu, pihaknya juga telah meminta karang taruna Kota Bandung untuk melakukan penataan dengan menambahkan dekorasi agar terlihat menarik.

"Saya minta tim kreatif untuk mendekor juga. Harapannya tempat ini jadi keren dan nyaman. Dindingnya juga saya harap ditata. Saya percaya anak Bandung pada kreatif," ucapnya.

Emil meyakinkan para pedagang untuk tidak takut dagangannya tidak laku di tenpat baru. Dia bahkan berjanji akan ikut mempromosikan tempat yang menjadi lokasi baru para PKL Purnawarman berjualan.

"Jangan takut tidak laku. Saya akan bantu promosikan. Da rezeki mah Tuhan yang ngatur. Nanti saya juga akan ikut promosikan di lingkungan PNS Pemkot Bandung," ujarnya.

Di tempat sama, Ketua Karang Taruna Kota Bandung, Fiki Satari, menuturkan desain tempat yang dibuatnya nanti tentu akan mengusung kekhasan produk-produk dari para PKL.

"Kekuatan PKL lebih ke kesederhanaan. Jadi bagusnya enggak terlalu wah. Tapi nanti tenda-tenda akan kami buat juga di sini. Fasilitas bangku dan meja mungkin akan disatukan mengingat lahan yang ada," ujar dia singkat.

Kredit

Bagikan