Dinas Pertanian segera bangun greenhouse di 6 kecamatan tahun ini

user
Mohammad Taufik 10 Maret 2016, 17:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung akan kembali membangun greenhouse di enam kecamatan pada tahun ini. Pada tahun 2015 lalu, Distan KP telah membangun greenhouse di sembilan kecamatan.

"Kami targetkan ada penambahan jumlah greenhouse di tahun ini. Rencananya akan di bangun di enam kecamatan," ujar Sekretaris Distan KP Kota Bandung Ikhsan Sadikin saat dihubungi Kamis (10/3).

Keberadaan greenhouse sendiri merupakan bagian dari kegiatan program kampung berkebun yang digagas oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Untuk diketahui, greenhouse merupakan sebuah bangunan yang dinding dan atapnya dibuat dari kaca atau plastik. Greenhouse biasa digunakan untuk pengembangbiakan tumbuhan dengan menggunakan metode hidroponik.

Metode hidroponik ini, dia melanjutkan, menggunakan media air, berbeda dengan pola konvensional yang menggunakan media tanah.

Menurut Ikhsan banyak kelebihan yang didapat bila penanaman dilakukan di greenhouse dibandingkan menanam dengan menggunakan sistem konvensional. Salah satu keuntungannya yakni tidak tergantung cuaca. "Sistem panennya kan bisa diatur sehingga membuat produksinya lebih optimal," katanya.

Menurut Ikhsan, penambahan fasilitas greenhouse di enam kecamatan itu tak lepas dari target Kota Bandung dalam memperkuat ketahanan pangan.Sebab selama ini sejumlah komoditas masih bergantung dari daerah lain. "Apalagi lahan pertanian di Kota Bandung sempit," tuturnya.

Kredit

Bagikan